Megawati hingga Ganjar Menghadiri Peresmian Patung Bung Karno di Yogyakarta

Rabu, 23 Agustus 2023 – 15:45 WIB
Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri (kedua dari kanan) di Yogyakarta, Rabu (23/8). Dokumen DPP PDIP

jpnn.com - YOGYAKARTA - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menghadiri peresmian Patung Bung Karno di Omah Petroek, Wonorejo, Yogyakarta, Rabu (23/8).

Megawati hadir didampingi Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo, serta Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

BACA JUGA: Ajak Ibu-Ibu Memilih Ganjar, Megawati Lalu Ungkap Komitmen

Bu Mega, panggilan akrab Megawati Soekarnoputri, tampak tiba di lokasi menumpangi mobil berwarna hitam.

Putri Proklamator Kemerdekaan RI Soekarno atau Bung Karno itu mengenakan kemeja putih dan celana panjang biru. Ganjar Pranowo duduk di samping Bu Mega.

BACA JUGA: Megawati: PDI Perjuangan Panik Apanya?

Dalam acara itu, panitia menghadirkan kelompok penabuh rebana, Hadroh Pancasila.

Kelompok penabuh rebana itu menyenandungkan selawat menyambut kehadiran Bu Mega di lokasi Omah Petroek.

BACA JUGA: SMRC: Ganjar Ungguli Prabowo dalam Head to Head Jika Tingkat Pengenalan Berimbang

Budayawan Mohamad Sobary dan Romo Benny Susetyo serta tokoh agama Islam, Buddha, Katolik, Protestan, hingga Hindu, diketahui hadir di acara tersebut.

Megawati yang juga ketua umum PDIP itu sesampainya di lokasi langsung menuju area pemeran foto yang memotret Bung Karno selama masa perjuangan.

Ganjar Pranowo, Hasto Kristiyanto, dan Budayawan Romo Sindhunata terlihat mendampingi Megawati melihat foto-foto Bung Karno. Panitia menyajikan penampilan tarian Bedhayan Bocah dalam acara Peresmian Patung Bung Karno.

Menurut Sekretaris DPD PDIP Daerah Istimewa Yogyakarta Totok Hedi Santosa, pemasangan Patung Bung Karno di Omah Petroek menjadi cara semua pihak untuk mengingatkan generasi muda mempertahankan toleransi dan keberagaman di Indonesia.

Sebab, kata Totok, Bung Karno menjadi tokoh yang selalu menekankan Indonesia sebagai negara beragam etnis sampai agama seperti tertuang dalam Pancasila.

"Bung Karno dari awal memahami bahwa bangsa Indonesia ini beraneka, bermacam-macam, sehingga harus disatukan di dalam satu kerangka yang dikenal sebagai Pancasila itu," kata dia ditemui di Omah Petroek.

Selain itu, kata Totok, adanya Patung Bung Karno menjadi pengingat generasi penerus soal Indonesia sebenarnya negara yang besar dan pernah disegani di dunia. (ast/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler