Megawati: Pada Hari yang Berbahagia Ini, Nahdlatul Ulama Genap Berusia 95 Tahun

Minggu, 31 Januari 2021 – 16:45 WIB
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Ilustrasi Foto: Screenshot video.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengucapkan selamat hari lahir (Harlah) yang ke-95 untuk Nahdlatul Ulama (NU). Menurut dia, usia tersebut membuat NU matang sebagai organisasi.

"Pada hari yang berbahagia ini, Nahdlatul Ulama genap berusia 95 tahun, saya ucapkan selamat pada usia 95 tahun tentunya menunjukkan bagaimana telah matangnya sebuah organisasi dengan sikap dan perjuangan," kata Megawati dalam perayaan Harlah ke-95 NU yang digelar DPP PDIP secara virtual, Minggu (31/1).

BACA JUGA: Harlah ke-95 NU, Adi Singgung Semangat Arek-arek Suroboyo Melawan Sekutu

Dalam kesempatan yang sama, Megawati mengucapkan syukur dalam perjalanan demokrasi di Indonesia. Selama ini, kata dia, kedekatan kaum nasionalis dan kaum religius terus terjalin erat.

"Begitu pun hubungan PDI perjuangan dengan Nahdlatul Ulama sangat dekat dan selalu beriringan," ujar Megawati.

BACA JUGA: Pernyataan Kang Dedi dan Bukhori untuk Abu Janda, Kena Banget

Megawati lantas mengingat kedekatan Proklamator RI Bung Karno dengan Kiai Haji Hasyim Asy'ari dan Kiai Haji Abdul Wahab Hasbullah serta para pendiri NU lainnya. Dari situ, menunjukkan kaum religius dan nasionalis memiliki hubungan erat.

Selain itu, kata Megawati, Bung Karno diberi gelar oleh Nahdlatul Ulama yaitu Waliyul Amri Addharuri Bi As Syaukah. Gelar itu menunjukkan dukungan besar warga nahdiyin pada kepemimpinan Bung Karno.

BACA JUGA: Aziz Yanuar Ungkap Pesan Terbaru Habib Rizieq dari Balik Jeruji, Menyentuh

Menurut Presiden RI kelima itu, kedekatan Bung Karno dengan NU akan dipraktikkan kaum nasionalis dari para kader dan simpatisan PDIP.

Sebab, Megawati meyakini kebersamaan PDIP dan NU sangat diperlukan untuk mengatasi berbagai ancaman kebangsaan.

"Hal tersebut tentunya juga dapat menciptakan hal-hal baik yang luar biasa pada saat ini dan tentunya untuk di masa yang akan datang," tegas Megawati.

"Sekali lagi saya ucapkan selamat hari lahir Nahdlatul Ulama yang ke-95 tahun," tutup Megawati.

Perayaan Harlah ke-95 NU dimeriahkan PDIP secara virtual, serta diisi dengan dialog kebangsaan dengan menghadirkan narasumber kader-kader partai itu maupun dari NU, di antaranya Abdullah Azwar Anas, Ery Cahyadi, Gus Ipin, Gus Mis, Gus Falah, dan Abidin Fikri.

Hadir juga Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDIP Prof Hamka Haq dan dai kondang Gus Miftah. PDIP mengulas hubungan Bung Karno dan NU, PDI Perjuangan dan NU serta Kaum Muda NU dan PDI Perjuangan.(ast/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler