Melanjutkan Warisan Glenn Fredly Lewat Festival Kasih Putih

Jumat, 25 Agustus 2023 – 01:21 WIB
Festival Kasih Putih akan diselenggarakan di tiga kota, yakni Jakarta, Solo, dan Ambon. Foto: Dok. Pribadi

jpnn.com - Festival Kasih Putih akan diselenggarakan di tiga kota, yakni Jakarta, Solo, dan Ambon.

Festival itu digelar sebagai upaya untuk melanjutkan warisan seni dari Glenn Fredly sebagai penyanyi dan musisi Indonesia.

Adapun acara ini diinisiai oleh Musik Bagus Indonesia berkolaborasi dengan Komisi.co, dan akan menghadirkan musik, talkshow, komedi, social experience, instalasi seni, dan wahana permainan.

Chief Executive Officer Komisi.co, Gianluigi mengatakan, festival itu bertujuan untuk menyampaikan dan menggaungkan pesan perdamaian serta toleransi tentang bagaimana cinta hanya akan berarti ketika itu bisa dibagi.

Sebagaimana semangat mendiang Glenn saat masih berkarya.

"Hal ini belum pernah dilakukan sebelumnya, maka dari itu dengan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi akan mendapatkan keuntungan, yaitu mendapatkan potongan harga tiket," ujar Gianluigi kepada wartawan di Jakarta, Senin (21/8)

Festival ini juga mengajak musisi lain untuk berpartisipasi, di antaranya The Bakuucakar, Nona, WIT, Eko Poceratu, Menjadi Manusia.

Selain itu, festival tersebut juga membuka peluang bagi musisi baru untuk menunjukkan karyanya.

"Tidak hanya tampil bagi musisi yang terpilih, tetapi juga akan dikurasi oleh IMARINDO dan dibuatkan Album Festival Kasih Putih yang akan direkam secara langsung di Studio Lokananta, Solo sebagai bentuk menghidupkan Lokananta," ucap Gianluigi.

Festival Kasih Putih di Jakarta akan digelar pada 4 November 2023.

Selanjutnya, festival itu akan diadakan di Solo pada 10 November 2023 dan Ambon pada 18 November 2023.

Rencananya, puncak acara Festival Kasih Putih akan diselenggarakan di Jakarta pada Februari 2024.

Melalui acara tersebut, diharapkan dapat 
merangkul semua elemen dan keberagamannya untuk bersama-sama menikmati rangkaian festival yang mempunyai makna besar serta mendalam bagi seluruh lapisan masyarakat.

Konsep gerakan sosial yang dibawakan oleh festival ini pun juga didukung secara langsung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Pemerintah Kota Solo, IMARINDO, Ambon Music Office (AMO), dan Menjadi Manusia 

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Dito Ariotedjo mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan tersebut.

Alasannya, acara tersebut tak hanya menunjukkan cinta terhadap karya-karya Glenn Fredly, tetapi juga menyampaikan pesan kuat kepada masyarakat agar harapan serta perjuangan tentang kasih sayang antar sesama terus melekat di hati, dan pikiran. 

"Gerakan yang mulia, ini beyond musik, tetapi juga bagaimana pesan di dalamnya tentang kemanusiaan, dan kasih sayang antar sesama adalah hal yang harus selalu ada dan ditumbuhkan di dalam diri kita," tutur Menpora Dito.

Sementara itu, CEO Musik Bagus, Aldisyah Latuihamallo, mengajak masyarakat untuk hadir menyaksikan festival ini.

"Datang ke festival ini akan jadi satu pengalaman yang berbeda, bukan hanya jadi penonton tapi jadi pelaku dalam sebuah gerakan kebaikan karena Kasih Harus Dibagi," ucap Aldisyah.

Sebagai rangkaian dari Festival Kasih Putih, akan diadakan pembagian bunga mawar putih di beberapa kota, yakni Jakarta, Solo, Ambon, Bandung, dan Surabaya pada 1 Oktober 2023. (mcr7/jpnn)

BACA JUGA: Kenang Glenn Fredly, Rossa Ungkap Momen Ditelepon Malam-malam


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Firda Junita

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler