Memupuk Integritas Pemimpin Muda, Sudirman Said dan IHN Gelar TSLB Tri-Sector

Senin, 12 Agustus 2024 – 22:02 WIB
Ketua IHN Sudirman Said saat mengumpulkan pemimpin muda 3 sektor dari seluruh Indonesia dalam Pelatihan Kepemimpinan Tiga Sektor atau Tri-Sector Leadership Bootcamp (TSLB). Foto: dokumentasi IHN

jpnn.com - Institut Harkat Negeri (IHN) mengumpulkan pemimpin muda 3 sektor dari seluruh Indonesia dalam Pelatihan Kepemimpinan Tiga Sektor atau Tri-Sector Leadership Bootcamp (TSLB).

Ketua IHN Sudirman Said mengatakan agenda TSLB digelar untuk menemani pemimpin muda di 3 sektor berproses menjadi pemimpin masa depan Indonesia.

BACA JUGA: Sudirman Said dan Anies Sama-sama Bakal Maju Pilgub Jakarta, Pecah Kongsi?

“Indonesia yang sedang terus berbenah, membutuhkan banyak sekali pemimpin yang berintegritas dan terpercaya,” ucap Sudirman Said di Padepokan Kalisogra, Brebes, Minggu (11/8).

“Tidak saja di sektor publik atau pemerintahan, tetapi juga di dunia usaha, dan sektor sosial,” kata dia.

BACA JUGA: Sejumlah Tokoh Dibujuk untuk Daftar Jadi Capim KPK, Termasuk Sudirman Said

Sudirman menyebutkan 35 orang peserta TSLB Angkatan ke-5 ini diseleksi dari ratusan pendaftar. Para pendaftar terdiri dari pemuda usia 20-35 tahun dari sektor publik, sektor privat, dan sektor ketiga.

Mereka telah berkiprah di lembaga Pemerintahan sebagai ASN, di berbagai korporasi, dan NGO.

BACA JUGA: KPU Ungkap Sudirman Said Daftar Jadi Bacalon Gubernur DKI Jalur Independen

Selama 3 bulan, para pemimpin muda di 3 sektor ini ditempa dengan berbagai kelas kepemimpinan hingga diberi tugas membuat proyek perubahan di lingkungan masing-masing.

Eks Menteri ESDM itu menuturkan, selama hampir satu dekade, IHN terus menyelenggarakan berbagai program pengembangan kepemimpinan.

“Saat ini, lebih dari 2.500 alumni program pengembangan kepemimpinan IHN tersebar di seluruh Indonesia, termasuk 200-an alumni TSLB,” tuturnya.

Institut Harkat Negeri (IHN) sendiri adalah lembaga non-profit yang didirikan oleh Sudirman Said pada 2016.

IHN berfokus pada pengembangan kepemimpinan yang berdampak sebagai jawaban dari perubahan yang terjadi di masyarakat demi terwujudnya Indonesia yang berharkat. (mcr4/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler