Menaker Targetkan Bangun 1.000 Balai Latihan Kerja pada 2020

Sabtu, 12 September 2020 – 22:28 WIB
Menaker Ida Fauziyah di acara ngopi bareng pejabat Kemnaker di Jakarta. Foto: dok humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah mendorong peningkatan skill masyarakat melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas bagi para pekerja dalam masa pandemi Covid-19. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, yakni agar kesehatan pulih dan ekonomi bangkit.

"BLK Komunitas diharapkan dapat menjadi penyedia pelatihan, utamanya untuk mendorong pelatihan offline pada daerah yang masih memiliki keterbatasan infrastruktur teknologi komunikasi," kata Airlangga di Bali, dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (12/9).

Airlangga mengaku bahwa program ini akan terus ditingkatkan dengan membuka pendaftaran dan pelatihan offline dengan mempertimbangkan wilayah.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah melaporkan, sejak dirilis tahun 2017, telah terbangun sebanyak 1.113 BLK Komunitas yang tersebar di seluruh Indonesia hingga tahun 2019.

Sementara di tahun 2020 direncanakan akan membangun 1.000 BLK Komunitas. 

Program yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia ini tadinya difokuskan ke lembaga keagamaan. 

“Saat ini kami perluas penyebarannya dengan melibatkan peran serikat kerja. Ada beberapa BLK Komunitas yang berbasis komunitas serikat pekerja dan serikat buruh yang dimulai dari tahun 2020 ini,” jelas Ida.

Menanggapi hal itu, Menko Perekonomian berharap agar upaya Kementerian Ketenagakerjaan ini dapat mendorong pengembangan program pelatihan vokasi di BLK Komunitas secara masif. 

“Melalui pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan juga mendorong kewirausahaan sehingga pada akhirnya dapat menekan angka pengangguran dan memulihkan perekonomian,” tutupnya.(Mcr4/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA JUGA: Kemnaker - Kementerian BUMN Teken MoU Tentang Hak Pekerjaan Bagi Penyandang Disabilitas


Redaktur & Reporter : Dicky Prastya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler