Menakertrans Garansi Izin Kerja Pemain Asing

Senin, 23 April 2012 – 07:54 WIB

JAKARTA-Izin kerja pemain asing yang berlaga di Indonesia Super Leagua (ISL) akan semakin mudah didapat. Itu setelah ketua umum PSSI versi Kongres Luar Biasa, La Nyalla Mattalitti, menemui menteri tenaga kerja dan transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar.

"Beberapa hari yang lalu saya menemui menakertrans bersama dengan anggota Exco. Alhamdulillah, sudah teratasi," katanya, kemarin (22/4).

Dengan kepastian itu, Nyalla menjelaskan bahwa para pemain asing tidak perlu takut lagi dalam mengurus izin kerja mereka sulit. Sebab, Muhaimain telah mengungkapkan kepadanya akan membantu masalah perizinan pemain yang berkompetisi di ISL.

Sebelumnya, lanjut Nyalla, para pemain asing dirundung kekhawatiran karena PSSI Djohar Arifin mempersulit langkah mereka untuk mendapatkan visa maupun izin kerja. Tapi, dengan langkah yang terus diambil oleh pihaknya, garansi bagi pemain asing  akhirnya turun.

"Dalam waktu dekat mereka sudah tidak akan ada yang dikejar-kejar oleh Imigrasi  lagi. pemain asing tak perlu khawatir," terang lelaki yang juga menjabat sebagai Ketua Kadin Jawa timur tersebut.

Nyalla memaparkan bahwa pihaknya optimistis dengan langkah yang terus dilakukan agar bisa diakui oleh pihak luar. Karena itu, munculnya task force dan  bantuan dari pemerintah juga dianggap sebagai salah satu bentuk bahwa PSSI di bawah komandonya masih diakui.

Selain meminta bantuan kepada Manakertrans, pihak PSSI Nyalla yang menaungi kompetisi ISL sebelumnya juga mengalihkan sponsor pemain asing ISL dari PSSI, kepada Kemenpora dan KONI. Dengan jaminan dari Manakertrans, maka status perizinan akan semakin lancar.

Di sisi lain, PSSI Djohar Arifin sebelumnya mendapatkan kritik dari Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI). CEO APPI, Valentino Simanjuntak mempertanyakan kenapa masih ada diskriminasi antara pemain lokal dan asing yang bermain di ISL.

Padahal, terang dia, sebelumnya Djohar sudah menyatakan mengakui ISL dan mengizinkan mereka untuk memperkuat timnas.  "Harusnya ada pengakuan yang sama. Karena kompetisinya kan sudah diakui," tegas Valentino. (aam)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Fergie Berang Squad MU Tergerus Olimpiade


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler