Menang Susah Payah

Senin, 17 Juni 2013 – 06:30 WIB

2 Persebaya v  Perseman 1SURABAYA - Persebaya Surabaya harus bersusah payah untuk memenuhi harapan publik Kota Pahlawan. Yaitu memberikan kado manis dalam ulang tahun Persebaya yang ke-86, besok.

Ya, Mat Halil dan kawan-kawan harus berjuang keras sepanjang pertandingan sebelum akhirnya mengalahkan Perseman Manokwari dengan skor 2-1 (1-0) di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, kemarin sore (16/6).

Dalam laga yang disaksikan oleh 8.200 penonton itu, Green Force julukan Persebaya unggul lebih dulu lewat gol Fernando Soler saat pertandingan baru berjalan dua menit. Kemudian, Mario Karlovic berhasil mencetak gol penentu kemenangan Persebaya pada menit ke-81.

Sebelumnya, Perseman sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah Cornelis Kaimu pada menit ke-54.      

"Ini adalah pertandingan yang sangat melelahkan bagi kami karena laga tadi berlangsung dalam tempo yang sangat cepat,"   kata Ibnu Grahan, pelatih Persebaya setelah pertandingan. 

"Tim tamu sangat lincah dan memiliki kecepatan di atas rata-rata yang membuat kami cukup kewalahan menghadang mereka," lanjut dia.

Memang, perjuangan untuk mendapatkan poin absolut tersebut tidak mudah bagi tuan rumah. Meski tidak diperkuat oleh tiga pilar utama mereka, T.A Musafri, Michael Ndubuisi dan Stanislav Zhekov, penggawa Hinocofu--sebutan Perseman mampu bermain rapat serta memberikan perlawanan sengit sepanjang pertandingan.

Ibnu menambahkan bahwa tim besutannya terserang kepanikan setelah Kaimu berhasil menyamakan kedudukan saat babak kedua berlangsung sembilan menit. Konsentrasi penggawa Persebaya yang menurun membuat mereka sering melakukan kesalahan sendiri.

"Saat terjadi gol balasan, saya melihat konsentrasi pemain kami buyar. Bahkan, kerena berambisi mencetak gol lagi membuat mereka memainkan long passing yang terbukti tidak begitu efektif. Untung, Taufiq cepat mengambil kendali dan bisa kembali mengatur ritme permainan tim,"   jelas Ibnu.  

Nah, setelah bisa mengembalikan keadaan, Persebaya berhasil membuat gol balasan pada menit ke-81. Berawal dari umpan silang Feri Ariawan yang berada di kanan gawang lawan, berhasil dimaksimalkan oleh Karlovic yang berada di sisi kiri gawang menjadi gol.

Sementara itu, di atas tribun Musafri dan kawan-kawan mengatakan bahwa mereka sengaja menarik diri dari tim saat detik-detik terakhir. Alasannya, manajemen belum membayar gaji mereka dalam lima bulan terakhir.   "Tak hanya itu, dana 25 persen yang harus kami terima di awal musim saja belum direalisasi hingga saat ini,"   ucap mantan striker timnas Indonesia itu.

Kondisi tim asal Papua Barat yang tidak turun dengan kekuatan penuh tersebut cukup mengejutkan. Sebab, lewat Ishak Rey, sekretaris tim sehari sebelum pertandingan sesumbar bahwa semua pemain mereka dalam kondisi siap bermain. Bahkan, dengan kekuatan penuh, Ishak mengancam bahwa mereka akan membuat malu tuan rumah. (dik/ko)

Data Fakta

Persebaya      : 2
Pencetak Gol  : 10-Fernando Soler (10 ), 29-Mario Karlovic (81 )
KK                 : 29-Mario Karlovic (18 ), 6-Nurmufid Fasta (64 ), 10-Fernando Soler (87 )

Susunan Pemain

1-Dimas Galih (pg), 16-Goran Ganchev, 6-Nurmufid Fastabiqul Khoirot, 2-Mat Halil, 24-Yusuf Hamzah, 8-Taufiq, 21.Jusmadi, 29-Mario Karlovic, 12-Rendi Irwan /41-Feri Ariawan (55"), 10-Fernando Soler, 7-Andik Vermansyah
Pelatih: Ibnu Grahan

Perseman        : 1
Pencetak Gol   : 39-Cornelis Kaimu (54 )

Susunan Pemain
1-Caitanus Ohoilulin (pg)/22-Hidayat Brutu (90"),19-Valentino Telaubun, 36-Rizal lestaluhu, 33-Yosep Marandof, 9-Jhon Patikawa, 46-Tomy Propka, 14-Ronald Maisido, 8-Lucas Latupeirissa, 12-Hesbon Indduw/28-Irfan Yunus (45"), 30-Marcio Souza, 39-Cornelis Kaimu
Pelatih: Abner Wanma

Stadion: Gelora Bung Tomo Surabaya; Wasit: Yudi Nurcahya: Penonton; 8.200. Cuaca: cerah.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cuekin APPI, PSSI Undang APSNI

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler