Menang Uji Coba, Les Blues Belum Meyakinkan

Selasa, 05 Juni 2012 – 06:00 WIB

LE MANS - Agenda uji coba kontestan Euro 2012 akan berakhir dini hari nanti WIB. Kecuali Inggris, tiga kontestan dari grup D masih akan menjalani laga pemanasan pemungkas mereka. Prancis misalnya. Les Bleus -sebutan Prancis- akan menjajal Estonia di Le Mans.
 
Dalam dua uji coba sebelumnya, Prancis mencatat hasil sempurna. Tapi kemenangan, masing-masing 2-0 atas Serbia (31/5) dan 3-2 atas Islandia (27/5), sekadar meneruskan catatan tidak terkalahkan Les Bleus dalam 20 laga. Sedangkan secara permainan, Hugo Lloris cs belum mengesankan.
 
"Yang ditunjukkan para pemain dalam pertandingan tidak seperti saat latihan yang penuh antusiasme, disiplin, dan determinan," kata Blanc seusai memimpin latihan timnya di Clairefontane seperti dilansir Canal Plus.
 
Tapi, Blanc memang tidak akan memaksa anak asuhnya bermain fight karena berisiko tinggi. Blanc pun belajar dari apa yang dialami lawan pertamanya di Euro, Inggris. Three Lions " sebutan Inggris - harus kehilangan beberapa pemain selama masa persiapan karena cedera.
 
Saat ini, tiga penggawa Prancis terkapar karena cedera. Antara lain gelandang bertahan Yann M"Vila (engkel) dan Blaise Matuidi (hamstring), serta kiper cadangan Steve Mandanda yang mengalami masalah di jempol kaki kanannya. Tapi, FFF (Federasi Sepak Bola Prancis) memastikan apabila ketiga pemain itu tetap berangkat ke Euro.
 
"Semua pemain bertolak ke Donetsk Rabu nanti (6/6, Red), termasuk yang tengah mengalami cedera". Demikian rilis FFF, Senin (4/6).
 
Seiring cederanya M"Vila dan Matuidi, Yohan Cabaye dan Alou Diarra praktis tidak memiliki back up saat menghadapi Estonia. Tapi, Blanc tidak terlalu risau karena lini tengah Prancis bakal lebih terkosentrasi menyerang. Apalagi dengan performa puncak yang ditunjukkan Franck Ribery, Samir Nasri, maupun pemain veteran Florent Malouda.
 
Dalam dua uji coba sebelumnya, Ribery selalu mencetak gol dan Malouda menyumbang satu gol. Sedangkan Nasri, sekalipun terus menuai kritik dari media Prancis, mampu berperan sebagai kreator serangan karena diposisikan sebagai pemain di belakang striker utama Karim Benzema.
 
"Franck tengah hebat-hebatnya saat ini. Dia memang tipikal pemain yang bisa membuat perbedaan. Nasri dan Malouda juga dalam motivasi tinggi setelah sukses bersama klub mereka musim lalu," jelas Blanc.
 
Namun, Estonia yang dihadapi Prancis siap memberikan perlawanan sengit. Pelatih Tarmo Ruutli bakal menampilkan kekuatan terbaik demi menghapus kekecewaan setelah gagal memenangi turnamen segi empat, Piala Baltic, yang berakhir Minggu lalu (3/6).
 
Di kualifikasi Euro, Estonia mampu membuat kejutan dengan finis runner-up dibelakang Italia serta mengungguli tim yang lebih difavoritkan, Serbia. Tapi, dalam playoff, pemilik ranking 54 dunia tersebut kalah agregat 1-5 dari Republik Irlandia. (dns)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Trapattoni, Pelatih Tertua Dalam Sejarah Euro


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler