Menanti Duel Neymar vs Messi, Usai Argentina Singkirkan Kolombia di Semifinal Copa America 2021

Rabu, 07 Juli 2021 – 10:56 WIB
Kapten Argentina Lionel Messi. Foto: Twitter @CopaAmerica

jpnn.com, BRASILIA - Argentina harus bersusah payah untuk lolos ke final Copa America 2021 setelah mendapat perlawanan sengit dari Kolombia di partai semifnal.

Pada laga yang berlangsung di Mane Garrincha Stadium, Brasilia, Rabu (7/7) pagi WIB, skuad asuhan Lionel Scaloni harus bermain hingga babak adu penalti usai di waktu normal berakhir imbang 1-1.

BACA JUGA: 10 Kartu Kuning Mewarnai Keberhasilan Argentina Menembus Final Copa America 2021

Di pertandingan ini Argentina menurunkan trio penyerang Lautaro Martinez, Nicolas Gonzalez, dan sang kapten Lionel Messi untuk mengacak-acak lini pertahanan Kolombia.

Jalannya Pertandingan

BACA JUGA: Kombinasi Apik Neymar dan Lucas Paqueta Antarkan Brasil Menuju Final Copa America 2021

Sejak wasit meniup peluit kick off babak pertama, Argentina langsung peragakan permainan menyerang.

La Albiceleste -julukan Timnas Argentina- bahkan langsung unggul ketika laga baru berjalan tujuh menit melalui aksi Lautaro Martinez.

Winger Inter Milan itu berhasil meneruskan assist yang diberikan Messi melalui sepakan dari dalam kotak penalti. Argentina unggul 1-0.

Kolombia langsung merespons gol Argentina lewat peluang emas yang mereka dapat melalui serangan balik.

Saat itu Juan Cadrado yang menerima umpan dari rekannya langsung melepaskan sebuah tembakan keras, tetapi sayang bola masih bisa diamankan kiper Argentina Emiliano Martinez.

La Tri -julukan Timnas Kolombia- yang sedang tertinggal terus memaksa Argentina bermain bertahan hingga menit 15'.

Memasuki menit ke-24, Kolombia kembali mendapat peluang emas, kali ini lewat Duvan Zapata. Sayang bola sepakannya yang mengarah ke gawang Argentina masih bisa dihalau pemain belakang lawan.

Saat babak pertama tinggal menyisakan sepuluh menit, Kolombia sanggup menciptakan dua peluang emas.

Peluang pertama terjadi pada menit 37' melalui sepakan Wilmar Barrios, tetapi bola masih membentur mistar gawang Argentina.

Sementara peluang kedua hadir dari sundulan bek Yerry Mina memanfaat umpan rekannya. Namun, bola lagi-lagi masih belum masuk ke jala gawang lawan.

Disisa menit babak pertama, Argentina sesekali mendapat peluang di tengah tekanan yang diberikan Kolombia.

Namun, tak satupun peluang yang didapat pemain Argentina berbuah gol. Alhasil skor 1-0 keunggulan Lionel Messi dan kolega bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, pelatih Kolombia Reinaldo Rueda melakukan tiga pergantian sekaligus dengan memasukan Frank Fabra, Yimmi Chara, dan Edwin Cardona.

Masuknya pemain baru yang lebih segar membuat Kolombia lebih mengancam gawang Argentina.

Akhirnya La Tri sanggup menyamakan kedudukan di menit 61' lewat aksi Luiz Dias. Pemain FC Porto ini berkelit dari kawalan bek Argentina, kemudian melepaskan tembakan dari sudut sempit yang tak mampu diamankan kiper Emiliano Martinez.

Gol itu membuat Argentina tersentak karena ingin mengakhiri laga di waktu normal. Peluang emas akhirnya hadir pada menit ke-72 lewat Lautaro Martinez. Namun, bola sepakannya masih bisa ditepis kiper Kolombia David Ospina.

Bola muntah hasil tepisan Ospina sempat disambar Angel Di Maria, tetapi tendangannya malah melambung di atas gawang Kolombia.

Messi ikut mengancam gawang Kolombia di menit 80' melalui upaya tendangan bebas yang ia lakukan, tetapi bola hanya membentuar tiang gawang lawan.

Alhasil tak ada gol tambahan lagi disisa babak kedua, dan membuat skor 1-1 bertahan hingga 90 menit akhir.

Hasil imbang diwaktu normal membuat pertandingan langsung dilanjutkan menuju babak adu penalti. Kolombia menjadi tim yang menendang terlebih dahulu.

Juan Cuadrado yang jadi algojo pertama Kolombia sukses menjebol gawang Argentina. Pun dengan Lionel Messi yang jadi penendang pertama Argentina sukses menyarangkan bola ke gawang La Tri.

Petaka datang buat Kolombia saat penendang kedua Davinson Sanchez gagal mengeksekusi penalti. Tendangannya terbaca oleh kiper Argentina Emiliano Martinez. Namun, penendang kedua Argentina Rodrigo De Paul ikut gagal usai tembakannya melambung.

Yerry Mina yang jadi eksekutor ketiga Kolombia kembali gagal usai sepakannya ditepis Emiliano Martinez. Hal ini yang dimanfaatkan Leandro Paredes untuk membawa Argentina unggul lewat penaltinya.

Meskipun sempat disamakan oleh penalti Miguel Borja, Argentina kembali unggul usai Lautaro Martinez yang jadi penendang keempat berhasil mengecoh kiper Kolombia David Ospina.

Emiliano Martinez jadi pahlawan usai menghalau sepakan Edwin Cardona yang jadi ekeskutor kelima Kolombia. Argentina pun sukses melaju ke babak final Copa America 2021 berkat keunggulan penalti 3-2.

Di laga final Lionel Messi dan kolega sudah ditunggu oleh Brasil yang di pertandingan sebelumnya mengalahkan Peru. Partai final rencananya digelar di Stadion Maracana pada Minggu (11/7) pagi WIB.

Akan menarik melihat duel Messi dan Neymar di laga tersebut.(mcr15/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler