Menanti Pembuktian Pemain 'Baru'

Jumat, 03 Oktober 2014 – 10:20 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri. Foto: Dok JPNN.com

jpnn.com - PADA 30 September lalu, Indra Sjafri, pelatih timnas Indonesia U-19 telah mengumumkan 23 nama pemain yang akan dibawanya ke Myanmar untuk bertempur di Piala AFC U-19. Bongkar-pasang pemain secara nyata dilakukan Garuda Jaya demi mempersiapkan diri di even yang dinanti Evan Dimas Darmono dkk itu.

Sejumlah pemain yang berjuang selama setahun terakhir dalam Training center (TC) yang digelar tim pelatih Indonesia U-19 harus rela digeser posisinya dari skuat Garuda Jaya. Awan Setho Raharjo, Yabes Roni Malaifandi, Miftahul Hamdi, Irfandi Zein Alzubeidy, serta Ryuji Utomo.

BACA JUGA: Villarreal Dedikasikan Kemenangan Besar Untuk Pelatih

Khusus untuk Awan dan Ryuji, kedua pemain ini harus merelakan posisinya lantaran menderita cedera. Awan mengalami cedera dislokasi jari kelingking sebelum terbang ke Spanyol. Sedangkan Ryuji menderita cedera otot saat memperkuat lini belakang Garuda Jaya di turnamen Hasanal Bolkiah, Brunai Darussalam lalu.

"Rully masuk karena Awan cedera. Sedangkan Yanto kami tarik kembali sebab Ryuji cedera di Brunei lalu," ujar Indra kepada Jawa Pos (induk JPNN.com).

BACA JUGA: Sevilla Gagal Menang, Emery Sedih Plus Bahagia

Meski begitu, Awan tetap dibawa ke Spanyol dua pekan lalu, bersama gelandang, Zulfiandi, dia juga mendapatkan perawatan tim dokter Atletico Madrid.

Nah, didalam 23 nama yang dibawa Indra, posisi keduanya juga sudah dicarikan pengganti. Posisi Awan digantikan penggawa lama Garuda Jaya, Rully Desrian, kiper Semen Padang di ISL U-21 2014. Sementara itu, penampilan Rudolof Yanto Basna bersama Sriwijaya FC di ISL U-21 musim ini juga menarik kembali perhatian Indra Sjafri.

BACA JUGA: Feyenoord Menang, PSV Tumbang

"Bagi pemain yang tidak terpilih, ini hanya masalah kesempatan. Dan pemain yang menggantikan mereka yang cedera ini  tampil bagus makanya kami bawa," tegasnya.

"Banyak teman-teman (media, Red) yang mengira pemain ini merupakan pemain baru. Padahal mereka pernah lama bersama kami," terang pelatih asli Padang itu.

Sebagaimana diketahui, Yanto juga merupakan pemain yang setahun lalu bersama Evan dkk di Piala AFF U-19 di Sidoarjo setahun yang lalu. Sayang, karena mengalami cedera yang cukup serius akhirnya saat itu Yanto tidak masuk skuad utama. Bahkan di pemanggilan awal TC pasca menjuarai Piala AFF U-19 lalu, Indra juga tidak menyertakan Yanto di daftar nama yang dirilis. Seiring kesembuhan dan performanya yang mulai meningkat, pemain jebolan SAD Uruguay itu masuk radar pelatih timnas U-19 kembali.

Menarik untuk menyimak pembuktian pemain tersebut dalam Piala AFC U-19 2014 ini. Yanto akan melengkapi barisan bek tengah yang dimiliki Indra saat ini, yakni Hansamu Yama Pranata, dan M. Sahrul Kurniawan. Keberadaannya juga memudahkan Indra Sjafri dalam menentukan siapa yang akan berada di posisi bertahan Garuda Jaya.(nap)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dicecar Jaksa, Gabi Akui Terlibat Suap


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler