Mencari Korban Berikutnya

Jumat, 12 Oktober 2012 – 16:42 WIB
BARRANQUILLA - Kolombia sedang menjalani era kebangkitkannya, kalau tidak bisa dibilang sebagai era keemasan. Mereka memiliki para pemain berkualitas di semua lini dan memiliki performa meyakinkan selama kualifikasi Piala Dunia 2014.
   
Sekarang mereka berada pada posisi kedua di klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Conmebol. Mereka mengemas 13 poin dan hanya tertinggal satu angka di belakang penguasa klasemen Argentina dari tujuh laga.
   
Perjalanan menuju Brasil, tempat Piala Dunia 2014 berlangsung, memang masih panjang, tetapi dengan performa stabilnya, Kolombia berpotensi lolos. Bukan hanya konsisten, mereka juga menerapkan sepak bola menyerang yang luar biasa.
   
Uruguay dan Cile merupakan dua korban terakhir Kolombia. Uruguay dihajar empat gol tanpa balas (7/9) dan Cile dihabisi 3-1 (11/9). Akankah Paraguay yang sedang jeblok performanya akan menjadi korban Kolombia berikutnya?
   
Saat ini, Paraguay berada di dasar klasemen dengan empat poin dari tujuh pertandingan. "Biar sedang buruk, Paraguay selalu menjadi tim yang menyulitkan buat lawannya. Mereka punya banyak pemain baru yang penuh motivasi," kata Edwin Valencia, gelandang Kolombia kepada El Tiempo.
   
Kolombia sedang penuh percaya diri. Diperkuat para pemain yang sedang on fire di pentas Eropa, seperti striker Atletico Madrid Radamel Falcao, gelandang Juventus Arturo Vidal, dan bek Udinese Pablo Armero, Kolombia akan berbahaya.
   
Skuad Los Cafeteros, julukan Kolombia, saat ini memiliki banyak pemain yang sedang bersinar di Eropa. Yang paling bersinar tentunya Falcao. Tetapi, jangan meremehkan pemain yang membela lokal seperti Te"filo Guti"rrez (Junior).
   
Ini momen bagi Kolombia untuk mengulang era terbaiknya di sepak bola pada 1990-an. Saat masih diperkuat pemain legendaris seperti kiper Rene Higuita, kapten Carlos Valderrama, serta striker Faustino Asprilla, Kolombia menjadi kekuatan di sepak bola Amerika Selatan.
   
Selama periode itu, Kolombia menembus Piala Dunia dalam tiga edisi, yakni pada 1990, 1994, dan 1998. Di Amerika Selatan, mereka juga menunjukkan performa oke dengan tiga kali beruntun jadi semifinalis Copa America pada 1991, 1993, dan 1995. (ham)

Perkiraan Pemain

Kolombia
Pemain    : 1-Ospina (g); 18-Zu"iga, 2-Zapata, 3-Vald"s, 7-Armero;
13-Valencia, 8-Aguilar, 5-Ram"rez; 10-James; 19-Guti"rrez, 9-Falcao
Pelatih    : Jos" Pekerman

Paraguay (3-4-1-2)

Pemain    : 1-Villar (g); 2-Piris, 14-da Silva, 21-Alcaraz; 5-Ayala, 16-Riveros, 15-C"ceres, 10-Estigarribia, 11-Benitez; 17-Fabbro; 18-Valdez, 19-Barrios
Pelatih    : Gerardo Pelusso
BACA ARTIKEL LAINNYA... Jadi Tandem Messi, Higuain Bangga

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler