Mendag Zulkifli Hasan Ajak Menteri Perdagangan APEC Perkuat Sistem Perdagangan Multilateral

Sabtu, 27 Mei 2023 – 12:00 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengajak seluruh Menteri Perdagangan Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) untuk memperkuat sistem perdagangan. Foto: dok Kemendag

jpnn.com, DETROIT - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengajak seluruh Menteri Perdagangan Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) untuk memperkuat sistem perdagangan multilateral melalui Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Hal ini sebagai bentuk dorongan menyukseskan Konferensi Tingkat Menteri (KTM) WTO ke-13 tahun depan.

BACA JUGA: Saksikan Penandatanganan MoU Peralatan Dapur Elektrik, Mendag Zulhas Bilang Begini

“Kami melihat WTO mampu menghasilkan kesepakatan dan ikut bertanggung jawab atas situasi pandemi. Untuk itu, Indonesia berharap agar para Menteri Perdagangan APEC bisa menjaga momentum ini dan mendorong agar KTM WTO ke-13 2024 mampu memberikan hasil yang signifikan,” ujar Mendag Zulkifli Hasan dalam pertemuan sesi pertama APEC Ministers Responsible for Trade (MRT) yang membahas dukungan terhadap sistem perdagangan multilateral, Kamis (25/5).

Pertemuan APEC MRT berlangsung pada 25—26 Mei 2023 di Detroit, Michigan, Amerika Serikat dihadiri Perwakilan Dagang Amerika Serikat Duta Besar Katherine Tai selaku Ketua APEC MRT, Direktur Jenderal WTO Ngozi Okonjo-Iweala, para Menteri Perdagangan APEC, APEC-Business Advisory Council (ABAC), Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), Pacific Economic Cooperation Council (PECC), dan Pacific Islands Forum (PIF).

BACA JUGA: Mendag Zulkifli Hasan Bertemu Menteri Perdagangan Luar Negeri Peru, Ada Kabar Baik Apa?

Dia melanjutkan, WTO tengah menghadapi tantangan untuk melakukan reformasi, baik dalam meningkatkan fungsi-fungsi utamanya, maupun juga tekanan untuk mengatasi ketimpangan.

Dalam memperkuat WTO, diperlukan penegasan prinsip-prinsip dasar, khususnya perbaikan atas ketentuan perlakuan khusus dan berbeda bagi negara berkembang dan kurang berkembang.

BACA JUGA: Zulkifli Hasan Bertemu Mendag Kanada di AS, Ini yang Dibahas

“Kami sebagai Menteri Perdagangan APEC harus sepakat merumuskan solusi permasalahan penyelesaian sengketa dan menyelesaikan krisis di Badan Banding,” ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Lebih lanjut, dia mengatakan untuk menyukseskan Konferensi Tingkat Menteri (KTM), Mendag Zulkifli Hasan mengajak Menteri Perdagangan APEC memberikan dorongan politis untuk melanjutkan negosiasi yang substantif dan berimbang.

Dalam pembahasan isu pertanian (public stockholdingdan special safeguard mechanism), subsidi perikanan, jasa, serta isu-isu baru seperti e-commerce, fasilitas investasi, dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Mendag Zulkifli Hasan juga menekankan kolaborasi adalah kunci, sehingga partisipasi aktif Menteri Perdagangan APEC dan pembuat kebijakan bisa memberikan solusi.

“APEC harus terus berinovasi dan memberikan agenda pemikiran yang jelas terhadap sistem perdagangan multilateral, untuk mengurangi kemiskinan,”pungkas Mendag Zulkifli Hasan. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Terbang ke AS, Mendag Zulkifli Hasan Hadiri Pertemuan APEC


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler