Mendagri: Jangan Malu Meniru Seperti…

Selasa, 25 April 2017 – 19:22 WIB
Tjahjo Kumolo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, SIDOARJO - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengingatkan seluruh pemerintahan daerah yang ada, terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mampu mengatasi berbagai hambatan dalam pelaksanaan otonomi daerah (Otda).

“Saya ingin (daerah) fokus. Jangan malu meniru seperti Surabaya, Sidoarjo dan Banyuwangi, untuk gunakan e-planning. Ini kan mempercepat pemerintah melayani masyarakat. Itu arahan Bapak Presiden Jokowi,” ujar Tjahjo, pada Peringatan Hari Otonomi Daerah Tingkat Nasional ke-21 yang diselenggarakan di alun-alun Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (25/4).

BACA JUGA: Sori, Pak Ahok Merasa Tak Berhak Jadi Menteri

Tjahjo mengemukakan pandangannya, karena setidaknya data dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memperlihatkan, masih ada 178 pemda yang arah pembangunannya dinilai belum fokus.

“Itu kata kuncinya. Maka peringatan HUT otonomi daerah ini, bagaimana daerah lebih memacu skala prioritas, mengurangi ketimpangan, kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran,” ucap Tjahjo.

BACA JUGA: Ibu-Ibu Ingin Ahok Dijadikan Mendagri

Menurut mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini, hambatan utama pembangunan di daerah belum optimal, lebih karena faktor sumber daya manusia. Kemudian, pemda belum maksimal membangun keterbukaan seperti memanfaatkan sistem ‘electronic government’.

Untuk itu, lewat peringatan Hari Otda ke-21, Tjahjo kembali mengemukakan ajakannya, agar daerah-daerah dapat saling berlomba meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga tujuan utama kehadiran pemerintah bagi rakyat, dapat dirasakan membawa perubahan yang lebih baik.(gir/jpnn)

BACA JUGA: Mendagri Ajak Semua Pihak Hormati Pilihan Masyarakat Jakarta

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mendagri Setuju Banget pada Imbauan Kapolri ke Warga Luar DKI


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler