Mendikbud: BO PTN 2013 Belum Bisa Cair Januari

Menunggu Penetapan Tarif Kuliah oleh Pemerintah

Minggu, 21 Oktober 2012 – 06:24 WIB
JAKARTA - Banyak rektor perguruan tinggi negeri (PTN) berharap bantuan operasional (BO) PTN 2013 cair Januari mendatang. Tapi mereka siap-siap gigit jari, karena Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menegaskan BO PTN 2013 belum bisa dicairkan pada bulan itu.

Pernyataan Nuh soal BO PTN 2013 ini dia sampaikan setelah mengikuti kongres alumni teknik elektro ITS di Jakarta kemarin (20/10). Menteri yang juga alumni ITS itu mengatakan, setelah RUU APBN 2012 digedok beberapa bulan lagi, anggaran BO PTN sudah ada. "Nominal uangnya ada, tetapi tidak bisa dicairkan Januari," katanya.

Kemendikbud sendiri mengajukan anggaran BO PTN di RUU APBN 2013 sebesar Rp 3,5 triliun. Namun Nuh berharap anggaran BO PTN di UU APBN 2013 disahkan menjadi Rp 4 triliun.

Mantan rektor ITS itu mengatakan penyebab BO PTN tidak bisa dicairkan pada Januari tahun depan. Dia mengatakan jika BO PTN ini baru bisa dicairkan atau dibagi-bagi per PTN setelah Kemendikbud menyelesaikan penetapan standarisasi atau batas maksimal biaya kuliah di seluruh kampus negeri mereka.

"Insyallah penetapan semacam HET (harga eceran tertinggi) biaya kuliah ini selesai Maret 2013. Baru setelah itu BO PTN kita kucurkan," jelas Nuh. Menurutnya dalam Undang-undang Pendidikan Tinggi (UU Dikti) pemerintah wajib menetapkan standar atau batas atas biaya kuliah. Dia mengatakan kampus tidak perlu cemas meskipun BO PTN tidak bisa bisa dicairkan Januari depan.

Nuh mengatakan jika posisi penetapan standarisasi biaya kuliah ini harus menjadi perhatian. Dia mengatakan dengan adanya penetapan biaya kuliah ini, masyarakat tidak lagi kecele ketika memasukkan anaknya ke PTN yang ternyata biayanya mahal.

Menteri asal Surabaya itu mengatakan, dengan adanya penetapan biaya kuliah ini maka memilih prodi di PTN tertentu ibaratnya membeli sate. Dimana sama-sama prodi kesehatan, misalnya, bisa berbeda antar sejumlah kampus negeri. "Sama-sama membeli sate, tapi harga sate di mal di Senayan berbeda dengan sate di tempat lainnya," ujar Nuh.

Meskipun nominal BO PTN belum ditetapkan di APBN, Nuh memperkirakan jika bantuan ini bisa menalangi beban 30 persen biaya kuliah yang ditanggung masyarakat. Dengan perhitungan ini, Nuh menjamin biaya kuliah tahun depan lebih murah dibandingkan tahun ini untuk seluruh prodi. Dia mengatakan jika BO PTN ini menghitung seluruh mahasiswa di kampus negeri, termasuk mahasiswa baru.

Sebelumnya, harapan supaya BO PTN bisa dicairkan Januari disampaikan oleh Rektor ITB Akhmaloka beberapa waktu lalu. Dia mengatakan dengan dicairkannya BO PTN pada Januari, kampus memiliki rentang waktu untuk menetapkan besaran SPP mahasiswa baru yang biasanya mulai diterima pertengahan tahun. Harapan serupa juga pernah diucapkan Rektor ITS Triyogi Yuwono. (wan)
BACA ARTIKEL LAINNYA... HanaBank Donasikan 130 Unit Komputer Bagi Pendidikan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler