Mengapa Elektabilitas Ganjar Naik Terus? PDIP dan Perindo Beber Jurus

Rabu, 30 Agustus 2023 – 20:02 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Arsip JPNN.Com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Tren kenaikan tingkat keterpilihan atau elektabilitas Ganjar Pranowo sebagai bakal capres untuk Pilpres 2024 membuat partai-partai pendukungnya makin percaya diri.

Temuan berbagai lembaga survei menunjukkan elektabilitas bakal capres yang juga gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu meningkat secara konsisten.

BACA JUGA: Ganjar & Cak Imin Minum Teh Bareng dari Satu Teko, Ada Sepasang Lovebird Merah Hijau

Hasil jajak pendapat terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang dirilis pada Rabu (30/8) menempatkan Ganjar mengungguli Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Dalam simulasi tiga nama bakal capres, Ganjar meraih elektabilitas 37 persen. Di bawahnya ada nama Prabowo dengan 35,3 persen, sedangkan Anies Baswedan di posisi juru kunci (22,2 persen).

BACA JUGA: Survei LSI: Ganjar Rebound Berlanjut, Kalahkan Prabowo dan Anies

Menurut politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hendrawan Supratikno, tren peningkatan elektabilitas Ganjar menunjukkan kesadaran pemilih terhadap tokoh yang dikenal dengan julukan ‘Capres Rambut Putih’ itu terus meningkat.

Ketua Bidang Perekonomian DPP PDIP itu menganggap peningkatan elektabilitas tersebut juga mencerminkan pengetahuan publik atas rekam jejak Ganjar selama ini.

BACA JUGA: Di Depan Prabowo, Telunjuk Pak Jokowi Mengarah ke Ganjar, Warga Langsung Gempar

“Itu menyangkut literasi politik terkait riwayat masa lalu tokoh, afiliasi partai,” ujar politikus yang dikenal dengan panggilan Prof. Hendrawan itu.

Partai Perindo sebagai pendukung Ganjar pun ikut bungah dengan hasil survei LSI itu.

Ketua DPP Partai Perindo Heri Budianto menilai kenaikan elektabilitas Ganjar menunjukkan kekuatan dan kerja keras parpol pengusung maupun pendukung telah memperlihatkan hasil signifikan.

“Saat ini semua kekuatan dikerahkan untuk terus mendukung Ganjar Pranowo ke semua segmen pemilih,” kata Heri Budianto.

Menurut Heri, parpol-parpol pengusung dan pendukung Ganjar bergerak solid dalam menyosialisasikan bakal capres dari PDIP, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partau Hanura, dan Partai Perindo itu.

Politikus yang juga dosen itu mengatakan parpol pengusung dan pendukung Ganjar bergerak bersama sukarelawan untuk menggarap massa di tingkat bawah.

“Semua berkolaborasi untuk kemenangan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024,” kata Heri.

Sebelumnya, dua lembaga survei bergengsi juga merilis temuan mereka tentang elektabilitas para bakal capres.

Hasil survei Litbang Kompas pada 27 Juli hingga 7 Agustus 2023 menunjukkan Ganjar memiliki elektabilitas tertinggi.

Pada simulasi tiga nama, Ganjar memiliki elektabilitas 34,1 persen atau unggul atas Prabowo dengan 31,1 persen, sedangkan Anies Baswedan di angka 19,2 persen.

Adapun hasil survei terakhir Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) memperlihatkan elektabilitas Ganjar Pranowo 35,9 persen.

Di bawahnya ada nama Prabowo Subianto dengan 33,6 persen, sedangkan Anies Baswedan memiliki tingkat keterpilihan 20,4 persen.(jpnn.com)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lagu Rambut Putih, Cara Pulung Dukung Ganjar Pranowo agar Rakyat Tidak Salah Pilih


Redaktur : Antoni
Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler