Mengatasi Nyeri Haid dengan Olahraga, Apakah Bisa?

Minggu, 25 Agustus 2019 – 04:08 WIB
Nyeri Haid. Ilustrasi. Foto WomCare

jpnn.com - Apa yang pertama kali terpikirkan saat Anda sedang mengalami nyeri haid? Tidur, atau langsung minum obat pereda nyeri? Mungkin olahraga tak pernah bakal jadi solusi pertama yang terpikirkan untuk mengatasi nyeri haid, ya. Sebab selama ini, olahraga atau banyak gerak justru sering dianggap pemicu rasa nyeri saat datang bulan. 

Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, nyeri haid umumnya dirasakan di bagian perut bawah atau punggung bawah, dapat bersifat ringan hingga berat, dan keluhannya berbeda-beda pada tiap wanita.

BACA JUGA: ISEF 2019 Dorong Pertumbuhan Produk dan Prestasi Olahraga di Indonesia

“Selain nyeri, gejala lain yang sering menyertai saat haid adalah mual, muntah, diare, lemas, demam tidak terlalu tinggi, dan sakit kepala,” kata dr. Theresia.

Usut punya usut, gejala-gejala yang dialami saat nyeri haid ternyata bisa diatasi dengan cara alami. Ya, cara tersebut adalah olahraga. Dalam hal ini, yoga disebut sebagai olahraga yang paling efektif.

BACA JUGA: 4 Cara Mencegah dan Mengatasi Sakit Kepala Saat Haid

Faktanya, yoga adalah olahraga yang dapat membuat tubuh relaks, serta menyeimbangkan sistem saraf simpatik dan parasimpatik yang memberikan efek antidepresan. Tak cuma itu, pose serta latihan pernapasan dalam yoga juga membantu mengencangkan otot rahim dan melancarkan peredaran darah organ-organ di sekitar panggul. 

“Nah, peredaran darah yang baik mampu memperbaiki keadaan hipoksia – jaringan tubuh kekurangan oksigen – di otot-otot rahim yang merupakan faktor utama penyebab kram perut dan nyeri haid,” tutur dr. There. 

BACA JUGA: Mengapa Saat Haid Wanita Sering Sakit Kepala?

Yoga untuk atasi nyeri haid

Ada banyak sekali gerakan yoga yang dapat dilakukan. Tetapi, bila fokusnya adalah untuk mengatasi nyeri haid, maka 7 gerakan ini adalah yang paling efektif:

1. Half bound squat

Pose yoga yang satu ini bertujuan untuk meregangkan pinggul agar kram perut berkurang.

2. Tiger pose

Pose ini bisa dilakukan dengan bantuan instruktur, dan sangat efektif untuk mengurangi nyeri punggung bawah.

3. Cat pose

Pose yoga ini bertujuan untuk meregangkan tubuh atas dan leher, sambil memberikan pijatan lembut pada tulang belakang dan organ-organ perut. 

4. Camel pose

Pose ini berfokus pada perut dan akan meregangkan serta menstimulasi bagian tubuh tersebut, sehingga kondisi kram akan lebih ringan. 

5. Arching pigeon

Pose ini akan merangsang organ dalam, meregangkan otot bokong, lipatan paha, dan otot panjang di sisi kolom tulang belakang serta panggul. Berkat adanya peregangan pada bagian tubuh tersebut, otomatis kram perut akan jauh lebih ringan dan rasa stres bisa berkurang. 

6. Wide child’s pose

Ini adalah pose yang paling mudah dilakukan. Gerakannya mirip bersujud, tetapi lebih relaks dengan tubuh berada di antara paha yang dibuka selebar panggul serta tangan yang dibawa ke depan. Tujuannya adalah untuk merelaksasi bagian tubuh yang tegang dan meningkatkan kesehatan pinggul.

7. Reclining twist

Pose ini merupakan cara santai untuk meningkatkan fleksibilitas tulang belakang dari sisi ke sisi. Selain itu, pose ini dapat meringankan nyeri perut dan punggung bawah. 

Supaya lebih jelas tentang pose-pose yoga yang telah disebutkan, Anda bisa melakukan gerakan ini dengan melihat YouTube atau dibimbing langsung oleh instrukstur berpengalaman.

Jika Anda ingin mencoba olahraga jenis lain untuk bantu mengatasi nyeri haid, aerobik adalah pilihan yang tepat. Karena pada dasarnya, olahraga ringan yang membuat tubuh lebih aktif bergerak akan membuat Anda tidak terlalu fokus pada rasa nyeri, sehingga keluhan bisa diminimalkan.

Lagi pula, olahraga dapat melepaskan endorfin (hormon kebahagiaan) sehingga kondisi psikis akan jauh lebih baik meski sedang haid.(NB/ RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ladies, ini 7 Makanan yang Bisa Meredakan Nyeri Saat Haid


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
haid   nyeri haid   Olahraga  

Terpopuler