Mengenal Aldi Satya Mahendra, Pembalap Indonesia Pertama Juara Dunia WorldSSP300

Kamis, 24 Oktober 2024 – 16:21 WIB
Aldi Satya Mahendra Juara Dunia WorldSSP300. Foto: ridho

jpnn.com, JAKARTA - Nama Aldi Satya Mahendra sontak populer setelah penunggang Yamaha YZF-R3 itu merebut titel Juara Dunia World Supersport 300 (WorldSSP300) 2024.

Pemuda asal Bantul, Yogyakarta itu berhasil mencatatkan sejarah sebagai pembalap pertama Indonesia menjadi juara dunia di ajang balap motor internasional.

BACA JUGA: Pembalap Bantul Aldi Satya Rebut Gelar Juara Dunia WorldSSP300 2024, Selamat!

Lantas siapakah pembalap 18 tahun (27 Juni 2006) itu? Aldi dibesarkan dari keluarga yang memang sangat dekat dengan dunia motorsport.

Ayahnya bernama Dicky Hestu dan ibunya Desy Prasanti. Sang ayang merupakan pembalap pada era 90an, dan sering ikut kejuaraan OnePrix.

BACA JUGA: Bamsoet Berikan Uang Rp 100 Juta kepada Aldi Satya Mahendra

Semangat Aldi untuk ikut terjun ke dunia balap motor makin kental didorong oleh kakaknya Galang Hendra Pratama, yang sampai saat ini masih aktif.

Aldi mengaku di antara impiannya ialah membalap bersama kakaknya, dan itu terwujud di WorldSSP300.

BACA JUGA: Wow! Yamaha Grand Filano Special Edition Pakai Suspensi Ohlins

"Kenangan yang paling berkesan ialah bisa membalap bareng bersama kakak saya di WorldSSP300," kata dia kepada awak media, di Jakarta, Kamis (24/10).

Aldi juga menceritakan perjalanannya bisa sampai ke kejuaraan kelas dunia tidaklah mudah. Banyak proses yang harus dilalui.

Awal mula Aldi mencicipi persaingan di atas trek sejak usia 5 tahun di miniGP, beranjak usia ke 7 tahun dia mulai naik level hingga ke kejurnas.

"Perjalanan saya tidak instan, saya merintis karier dari balap kejurnas 110 cc sampai 150 cc. Tahun 2019 saya sempat dibawa Yamaha mengikuti Road Racing Championship kelas Underbone 150," tambah dia.

Konsistensi menjadi kunci, sehingga Aldi bisa terus naik kelas.

Kariernya terus berkembang hingga naik ke kelas AP250 pada 2022. Prestasi di level nasional dan Asia mengantarkannya ke Eropa.

Aldi menerima undangan mengikuti Yamaha VR46 Master Camp di Italia, sebuah akademi yang didirikan oleh legenda balap Valentino Rossi.

"Sempat saat di Eropa itu berada di jalur trek juara dan saat perebutan gelar juara saya crash di seri akhir, dan untuk tahun 2024 ini saya buktikan bahwa saya bisa juara dunia," imbuhnya.

Kerja sama Tim

Prestasi Aldi Satya Mahendra sampai saat ini tidak lepas dari kerja sama yang apik antara Yamaha Indonesia dengan Yamaha Motor Company, serta tim BrCorse.

Selain itu, menurut President Director & CEO PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti, didukung keunggulan produk Yamaha yaitu YZF-R3 yang digunakan Aldi Satya Mahendra menjuarai World Supersport 300.

Model YZF-R3 merupakan motor global yang diproduksi oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

"Aldi Satya Mahendra telah menunjukkan kemampuannya bersaing di kompetisi tingkat dunia, bahkan meraih gelar juara dunia."

"Kami bahagia mewujudkan prestasi anak bangsa sebagai wakil Indonesia yang mengharumkan nama negara di kancah dunia. Keberhasilan ini juga adalah pembuktian kuatnya DNA Racing Yamaha, menjadi tim besar yang diperhitungkan saat beradu di sirkuit," ungkap Dyonisius. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Big Roadster Yamaha Hadir Bawa Teknologi Transmisi AMT


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler