Mengenal Andy Baramuli, Pengusaha Sukses di Sektor Perhotelan

Selasa, 01 Agustus 2023 – 12:19 WIB
Pemilik Toraja Heritage Hotel Andy Muhammad Baramuli. Foto: dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Sukses menjadi pengusaha di sektor jasa perhotelan, Andy Muhammad Baramuli ternyata telah mencoba berbagai peruntungan.

Pemilik Toraja Heritage Hotel yang berciri khas Heritage di daerah Tana Toraja itu pada awalnya terjun ke dunia bisnis UMKM.

BACA JUGA: Usut Kasus Korupsi di Kemenhub, KPK Periksa Pengusaha Ponorogo hingga Petinggi BPK

Pada usia muda Andy Baramuli merintis usaha UMKM makanan ringan (Fosnek) dan parfum lokal (Karmas 1992).

Andy Baramuli juga menjadi seorang novelis di usianya yang waktu itu masih 20 tahun.

BACA JUGA: Mantan Atlet Cheers Nasional Ini Kini Sukses Banting Setir Menjadi Pengusaha

Pengusaha keturunan Sulawesi Selatan dari keluarga Baramuli ini merupakan cucu dari Tokoh Indonesia Arnold Achmad Baramuli (20 Juli 1930 – 11 Oktober 2006).

Saat masih muda, Andy Baramuli sudah dipercaya menjadi direktur di Poleko Grup yang merupakan perusahaan keluarga rintisan kakeknya.

Pemuda kelahiran Sulawesi Selatan, 14 April 1992 ini tumbuh besar di Kota Jakarta, mengikuti karir kakeknya yang lebih banyak berkarir di Jakarta.

A.A. Baramuli dikenal sebagai tokoh politisi senior Partai Golkar yang memiliki latar belakang sebagai jaksa sebelumnya. Pada era Presiden B.J. Habibie yang juga berasal dari Sulawesi yakni Pare Pare, A.A.

Andy Baramuli ditetapkan menjadi ketua Dewan Pertimbangan Agung, sebuah lembaga negara yang bertugas memberikan masukan dan nasihat kepada Presiden.

Sebagai cucu A.A. Baramuli, Andy Baramuli banyak meneladani dan memegang teguh prinsip yang diajarkan kakeknya.

Dia kagum dengan kakeknya dalam berbisnis yang banyak membuka usaha yang bisa menyerap lowongan pekerjaan bagi masyarakat, berguna bagi pembangunan ekonomi masyarakat, dan kesejahteraan bersama.

“Kakek saya A.A. Baramuli mengajarkan banyak hal dalam hidup saya. Sebagai pengusaha dan politisi, beliau dulu banyak membuka lapangan pekerjaan untuk orang banyak di daerah-daerah yang masih minim lapangan pekerjaan. Beliau juga orang yang vokal dan berani jika apa yang ia rasa adalah sebuah kebenaran,” kata Andy.

Andy Baramuli juga memegang teguh prinsip hidup yang diajarkan kakeknya untuk teguh pendirian pada nilai- nilai yang diyakininya.

“Beliau sangat keras dalam hal disiplin, berprinsip dan mengajarkan kita semua agar tidak boleh terpengaruh oleh orang lain, harus menentukan pilihan sendiri. Dalam hidup juga ia mengajarkan bertanggung jawab,” jelas Andy.

Selaras dengan kakeknya Andy pun memiliki mimpi untuk bisa membuka sebanyak-banyaknya lowonganpekerjaan bagi orang lain.

“Saya tipe pengusaha yang walau dengan modal kecil bisa ingin sekali membuka lapangan kerja bagi orang lain. Merasa senang bisa membuat orang bisa mendapatkan pekerjaan. Ya kalau ingin punya banyak uang si itu juga mimpi standar saya sebagai pengusaha,” jelas Andy.

Toraja Heritage Hotel bisa menampung banyak karyawan yang sebelumnya sangat minim SDM untuk hotel berbintang, berarti bisa membuka banyak lapangan kerja sekaligus meningkatkan pengalaman kerja karyawan di kabupaten Toraja Utara, karena usaha hotel berkorelasi dengan usaha pariwisata yang menjadi salah satu usaha andalan Indonesia dengan kekayaan dan keindahan alamnya.

“Kami merupakan hotel resort pertama sekaligus yang terbesar di Tana Toraja yang menyediakan semua fasilitas komplit tanpa tamu harus keluar hotel,” ungkap Andy.(mcr4/jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Pengusaha   hotel   Bisnis   UMKM   Toraja   Ekonomi  

Terpopuler