Mengenal Google Workspace dan Keunggulannya dalam Mengelola Berbagai Pekerjaan

Jumat, 31 Maret 2023 – 17:40 WIB
Google Workspace mengusung teknologi lengkap dengan berbagai aplikasi pengolah dokumen, seperti Google Docs, Slides, dan Sheet dan masih banyak lagi. Foto: ilustrasi/dokumentasi KoinWorks

jpnn.com, JAKARTA - Bagi sebuah perusahaan ataupun pemilik bisnis, layanan Google Workspace sangat membantu dalam memanajemen berbagai pekerjaan.

Saat ini, tersedia beberapa edisi Google Workspace Indonesia yang bisa digunakan di berbagai kegiatan bisnis.

BACA JUGA: KoinWorks & Google Cloud Indonesia Permudah UMKM Miliki Perangkat Kerja Digital

Selain dengan Google Workspace, untuk membuat pekerjaan terasa lebih mudah dapat juga menggunakan layanan manajemen proyek, seperti Asana.

Layanan di Asana akan membuat tugas-tugas dan deadline menjadi lebih mudah untuk dikontrol.

BACA JUGA: Hati-Hati, Google Temukan HP Samsung dan Vivo Mudah Diretas, Berikut Daftarnya

Namun, apa sebenarnya Google Workspace tersebut dan apa saja keunggulannya dalam perusahaan ataupun bisnis? Simak informasinya berikut:

Mengenal Google Workspace

Google Workspace merupakan layanan yang diusung oleh Google yang dulunya bernama 'Google Apps for Your Domain', kemudian namanya berganti menjadi 'Google Apps'.

Pada 2016, Google Apps kembali mengubah namanya menjadi G Suite yang saat ini berubah lagi dan dikenal menjadi Google Workspace.

Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya yakni G Suite, Google Workspace hadir dengan lebih sempurna dalam meningkatkan kinerja, interaksi dan kolaborasi antarkaryawan.

Google Workspace mendukung karyawan mampu berkolaborasi secara efektif dan mendukung produktivitas kerja serta memberikan kemudahan integrasi bagi setiap karyawan.

Pertama kali diperkenalkan Google pada 2020, lalu Google Workspace menjadi paket layanan yang saling terintegrasi satu sama lain.

Adanya pandemi Covid-19 menjadi salah satu alasan Google memperkenalkan layanan ini.

Pasalnya, banyak perusahaan membuat peraturan bahwa karyawan harus bekerja dari rumah atau secara remote sehingga perlu adanya manajemen yang tepat untuk mengatur para karyawan.

Melalui adanya Google Workspace akan memudahkan seluruh karyawan perusahaan untuk bisa bersama-sama meng-handle pekerjaan di kantor meskipun harus berada terpisah antara jarak dan zona waktu.

Mulai dari pengusaha UMKM hingga perusahaan-perusahaan besar banyak yang telah menggunakan Google Workspace untuk mengelola berbagai pekerjaan dan karyawan.

Keunggulan Google Workspace

Cocok untuk pengusaha UMKM, menengah hingga perusahaan besar, Google Workspace mengusung teknologi lengkap dengan berbagai aplikasi pengolah dokumen, seperti Google Docs, Slides, dan Sheet dan masih banyak lagi.

Terdapat juga beberapa aplikasi yang mendukung komunikasi, seperti Google Meet untuk melakukan video meeting dan Google Chat untuk bisa berkirim chat maupun gambar.

Nantinya semua data dan dokumen yang penting dapat diakses di mana saja dan kapan saja dengan lebih aman karena akan tersimpan di penyimpanan cloud.

1. Lebih Hemat Biaya

Menggunakan Google Workspace terbilang lebih hemat biaya, karena perusahaan tidak perlu membeli aplikasi satu persatu untuk setiap karyawan.

Hanya dengan berlangganan Google Workspace, nantinya setiap karyawan akan bisa menggunakan berbagai aplikasi dengan fitur yang lengkap.

2. Lebih Aman

Sistem keamanan Google Workspace selalu diperbarui sehingga akan selalu lebih baik untuk mengamankan berbagai dokumen penting.

Hal ini juga akan mencegah penyalahgunaan dokumen ketika bekerja serta mencegah gangguan ketika melakukan video meeting.

3. Dapat Membuat Email Karyawan dengan Domain Sendiri

Tidak hanya mendapatkan beragam paket aplikasi Google, Anda juga bisa membuat email karyawan dengan domain sendiri.

Melalui proses yang mudah dan tidak rumit, Anda bisa mengelola email karyawan dengan mudah dan tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Berbagai kelebihan Google Workspace tersebut tidak bisa didapatkan secara gratis, Anda harus membayar biaya langganan untuk bisa menikmati fitur-fiturnya secara lengkap.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai apa itu Google Workspace dan apa saja keunggulannya.

Semoga bermanfaat. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler