Pengertian Solder Uap & Cara Memilih Produk secara Tepat

Rabu, 06 Desember 2023 – 20:39 WIB
Solder uap atau solder blower merupakan salah satu peralatan yang wajib dimiliki teknisi handphone, smartphone atau laptop, atau bahkan toko yang menjual pernak-pernik handphone dan smartphone. Foto: Dokumentasi Pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Banyak sekali macam dan ragam barang-barang elektronik, tetapi tetap saja ada beberapa atau bahkan sangat banyak kelengkapan atau peralatan elektronik yang tidak kita ketahui karena digunakan pada bidang-bidang pekerjaan atau keahlian tertentu.

Hanya orang-orang yang bergerak pada bidang-bidang khusus saja yang mengetahui dan memahami alat elektronik tertentu dan bagaimana penggunaannya serta kegunaan alat-alat elektronika tertentu tersebut.

BACA JUGA: Cara Mudah Update Nomor Handphone untuk Rekening BRI di ATM & CRM

Namun, tidak ada salahnya kita mengetahui jenis alat elektronika khusus. terutama yang berkenaan dengan handphone.

Sebab, saat ini bisa dikatakan lebih dari sepertiga penduduk dunia memegang handphone di tangannya setiap hari bahkan banyak, di antaranya yang sudah ketergantungan dengan kepemilikan handphone.

BACA JUGA: Perlebar Dimensi spakbor: Modal Solder & Spakbor Bekas

Meninggalkan perangkat kerja tertentu bisa jadi tidak masalah, namun saat ini kebanyakan orang tertutama mereka yang berada di usia produktif akan sangat terganggu produktivitas kerjanya tanpa adanya handphone.

Salah satu alat yang sangat berperan penting dan memiliki kedekatan yang hampir selalu lekat dengan handphone adalah solder uap atau terkadang orang menyebutnya dengan solder blower.

Mengapa demikian? Setiap teknisi handphone, smartphone atau laptop bahkan toko yang menjual pernak pernik handphone dan smartphone tidak terlepas dari keberadaan alat yang satu ini.

Mungkin pertanyaan awal bagi kita yang awam terhadap alat elektronika khusus yang satu ini adalah apa bedanya antara solder yang umum kita ketahui dengan solder uap atau solder blower ini?

Secara umum pula dapat dijabarkan dengan gampang, yakni kalau solder hanya menghasilkan panas dan biasanya untuk memasang komponen tertentu dan biasanya umum dipakai untuk memasang komponen-komponen elektronika yang besar.

Sementara itu, solder uap atau solder blower adalah penggabungan antara unsur panas dan unsur angin dalam satu alat.

Solder uap atau solder blower mampu menghasilkan angin panas untuk memasang atau mencabut komponen-komponen elektronika khususnya yang berukuran kecil.

Pada ujung blower bisa dipasangkan semacam tutup dari bahan besi beraneka ukuran yang penggunaannya disesuaikan dengan komponen yang akan dipasang atau dilepas.

Jika komponen elektronika yang akan dilepas atau dipasang berukuran sangat kecil maka ujung blower kita pasang dengan bentukan pipa silinder yang kecil, sehingga angin panas yang keluar dari solder uap atau solder blower ini tidak merusak komponen-komponen lain di samping-samping komponen kecil yang akan dilepas atau dipasangkan.

Atau komponen yang terkadang berada di posisi yang tersembunyi dan agak susah dijangkau, kita perlu memilih ujung mata blower yang sesuai.

Secara umum pula solder uap atau solder blower ini dibedakan antara yang analog (atau bahasa awamnya manual) dengan yang digital (atau bahasa awamnya otomatis).

Solder uap atau solder blower analog biasanya tombol-tombolnya berupa kenop putar dengan angka 1, 2, 3, dan seterusnya dengan setingan panas dan angin tertentu sesuai dengan setingan dari pabrik pembuatnya.

Sedangkan pada solder uap atau solder blower digital pengaturan suhu panasnya maupun besarnya angin yang keluar dari mesin bisa disetting disesuaikan dengan kebutuhan dan biasanya akan tampak pada layar display.

Pertanyaan umum lainnya terkait dengan kaum awam yang menanyakan dimana kita bisa membeli alat elektronika khusus yang satu ini?

Pertama, carilah produk solder uap atau solder blower yang bisa memberikan garansi atas kerusakan-kerusakan yang mungkin terjadi dalam pemakaian.

Kedua, yang tidak kalah penting adalah carilah produk solder uap atau solder blower yang jelas service center-nya.

Mengapa kedua hal tersebut perlu diperhatian?

Tentu saja dikarenakan alat ini bukan alat atau perangkat elektronika umum yang mudah kita jumpai sehingga banyak teknisi lepas yang bisa memperbaikinya.

Khusus alat elektronika yang satu ini harus teknisi yang benar-benar paham penggunaan dan memahami betul cara kerja mesin ini.

CODY bisa menjadi salah satu brand (merek) yang bisa dijadikan pertimbangan Anda dalam memilih produk ini dikarenakan CODY memiliki garansi spareparts dan bahkan menyediakan garansi seumur hidup untuk servisnya, serta memiliki service center yang jelas. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler