Mengharukan, Dua Atlet Ini Sepakat Berbagi Medali Emas Olimpiade Tokyo

Selasa, 03 Agustus 2021 – 13:19 WIB
Gianmarco Tamberi (kiri) dan Mutaz Essa Barshim berbagi medali emas Olimpiade Tokyo 2020. Foto: (Athletics Weekly)

jpnn.com, TOKYO - Ada kejadian menarik di nomor lompat tinggi putra Olimpiade Tokyo 2020, saat atlet Qatar, Mutaz Essa Barshim, dan Gianmarco Tamberi (Italia) sepakat berbagi medali emas.

Bertanding di Japan National Stadium, Minggu (1/8), dari 13 atlet yang bertarung di final, Tamberi, Barshim, dan Maksim Nedasekau (Belarusia) menjadi tiga atlet tersisa yang mampu melompat setinggi 2,37 meter.

BACA JUGA: Peraih Emas Tokyo 2020 Viktor Axelsen Beri Apresiasi kepada Chen Long dan Anthony Ginting

Namun, ketiganya gagal di lompatan setinggi 2,39 meter. Hasil itu membuat Nedasekau meraih medali perunggu. Sebab, ia sebelumnya sekali gagal di lompatan 2,35 meter.

Hal ini membuat tinggal Barshim dan Tamberi yang memperebutkan medali emas. Dalam peraturan Olimpiade, keduanya harus melakukan lompatan lagi untuk menentukan siapa yang jadi pemenang.

BACA JUGA: Raih Medali Emas Olimpiade Tokyo, Pelari Norwegia Ini Pecahkan Rekor Dunia

Seorang ofisial menghampiri mereka, menawarkan lompatan untuk memutuskan siapa yang akan menjadi juara

"Situasinya imbang. Kita bisa mengambil lompatan tambahan," ujar sang ofisial.

Namun, Barshim bertanya balik ke pihak ofisial dengan mengatakan:

"Bisakah kami berbagi medali emas?," ujarnya.

Setelah anggukan dari sang ofisial, kedua atlet itu saling berpelukan, kemudian Tamberi mulai berteriak kegirangan.

Dengan begitu, di nomor lompat tinggi putra tak ada peraih medali perak. Tamberi dan Barshim merebut medali emas, diikuti Nedasekau yang mendapat perunggu.

"Dia (Tamberi, red) adalah salah satu teman terbaik saya. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan, bukti semangat sejati. Kami di sini untuk menyampaikan pesan ini," ujar Barshim selepas laga dikutip dari Sky Sports.

Aksi berbagi medali bukan yang pertama terjadi di Olimpiade. Pada Beijing 2008, Sherone Simpson (Jamaika) dan Kerron Stewart (Jamaika) berbagi medali perak usai finis dengan catatan waktu 10,98 detik pada perlombaan lari nomor 100 meter putri.

Kejadian berbagi medali emas yang dilakukan Barshim dan Tamberi tak mengganggu perhitungan medali di klasemen Olimpiade Tokyo. Baik Qatar maupun Italia sama-sama memperoleh medali emas.(skysports/mcr15/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler