Menghitung Peluang Timnas Indonesia ke 16 Besar Piala Asia 2023

Jumat, 19 Januari 2024 – 09:23 WIB
Timnas Indonesia. Foto: pssi

jpnn.com - Peluang Timnas Indonesia ke 16 besar Piala Asia 2023 masih terbuka.

Ada beberapa skenario yang bisa dimanfaatkan Skuad Garuda untuk mengamankan tiket fase knock out Piala Asia edisi ke-18 ini.

BACA JUGA: Vietnam vs Timnas Indonesia: Philippe Troussier Waspadai 2 Sosok Ini

Indonesia memang memulai kampanye fase grup dengan kurang baik seusai takluk 1-3 dari Irak, Senin (15/1/2024) lalu.

Namun, pasukan Shin Tae Yong memiliki kans untuk bangkit di laga kedua mengingat lawan yang dihadapi sudah cukup familier, yakni Vietnam.

BACA JUGA: Vietnam vs Timnas Indonesia: Tegas, Ini Janji Shin Tae Yong

Ya, Indonesia dan Vietnam merupakan musuh bebuyutan di kawasan Asia Tenggara.

Pertemuan kedua tim selalu berlangsung panas, baik di dalam maupun luar lapangan.

BACA JUGA: Vietnam vs Timnas Indonesia: Aroma Balas Dendam Tercium

Kini, Indonesia dan Vietnam akan mempertaruhkan nasibnya di Piala Asia 2023. Hanya kemenangan yang bisa membuka asa ke 16 besar.

Sama seperti Indonesia, Vietnam juga wajib mengamankan tiga poin setelah di laga perdana takluk 2-4 dari Jepang.

Karena itu, duel Indonesia vs Vietnam merupakan kunci bagi masing-masing tim untuk memperpanjang napas di Piala Asia 2023.

Bagi Indonesia, ada beberapa skenario yang bisa membawa Skuad Garuda ke fase knock out. Simak ulasan JPNN.com berikut ini.

Peluang Indonesia ke 16 Besar Piala Asia 2023

Berbekal kekalahan 1-3 dari Irak, Indonesia kini menjadi juru kunci Grup D. Melihat kondisi itu, jalur juara grup atau runner up mungkin sulit digapai Asnawi Mangkualam dan kolega.

Sebagai informasi, kontestan Piala Asia 2023 yang lolos ke 16 besar tak hanya diambil melalui juara grup atau runner up. Namun, ada tiga tim peringkat tiga terbaik yang berhak mengamankan tiket fase knock out.

Indonesia sendiri masih menyisakan dua laga fase grup, yakni melawan Vietnam dan Jepang.

Skuad Garuda bisa mengincar jalur peringkat tiga terbaik, tetapi dengan syarat mengalahkan Vietnam. Pasalnya, sulit rasanya mengincar tiga poin saat bersua Jepang di laga terakhir Grup D.

Karena itu, duel melawan Vietnam menjadi partai hidup dan mati. Jika kalah, peluang Indonesia ke 16 besar Piala Asia 2023 akan tertutup.

Setelah itu, Indonesia bisa berharap menahan imbang Jepang di laga pemungkas. Dengan begitu, Skuad Garuda akan mengumpulkan empat poin. Jumlah yang terbilang cukup bagus untuk bersaing memperebutkan peringkat tiga terbaik.

Namun, apabila mendapat poin dari Jepang dirasa mustahil, Indonesia wajib menang dengan skor telak saat jumpa Vietnam. Kemudian, saat bertemu Takefusa Kubo dan kawan-kawan, setidaknya jangan terbantai atau paling tidak kalah dengan skor tipis.(mcr15/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler