Mengintip Lokasi Syuting Drakor Paling Hot Saat Ini

Selasa, 11 April 2017 – 08:40 WIB
Set drama Korea Whisper. Foto: Brigita Sicillia/Indopos

jpnn.com - Drama Korea menjadi salah satu produk unggulan di industri hiburan Negara Ginseng. Dalam setahun, ada puluhan bahkan ratusan judul drama diproduksi.

Tidak hanya menjadi konsumsi warga Korea Selatan saja, K-drama bahkan juga menjadi komoditas ekspor. Tak heran, fans K-drama tersebar luas di berbagai negara, termasuk Indonesia.

BACA JUGA: Cowok Cute Ini Bintangi Drama Baru Lho..

Salah satu drama yang cukup diantisipasi tahun ini adalah Whisper. Drama produksi SBS bergenre action itu diprediksi bakal mendapat atensi publik.

Selain alur ceritanya yang menarik, drama itu sekaligus menandai kembalinya aktris Lee Bo Young ke layar kaca pasca-menikah dan melahirkan seorang putri.

BACA JUGA: Asyiiik! Si Cantik Bakal Main Drama Baru Lagi

Dalam drama tersebut, istri aktor Ji Sung itu berperan sebagai seorang detektif.

Pekan ini saja, drama Senin-Selasa SBS ini sudah berhasil menapaki rating dua digit. Menurut Nielsen Korea, drama Lee Bo Young dan Lee Sang Yoon itu sukses mencetak rating 15 persen.

BACA JUGA: Rumor Beredar, Pasangan Seleb Ini Akan Menikah

Drama ini juga diputar untuk publik Tanah Air sejak 21 Maret lalu di ONE TV Asia (Big TV Ch 930, Big TV HD Ch 266, First Media HD Ch 338, Indovision Ch 164 dan Transvision HD Ch 324).

Hanya selang satu hari pemutaran di negara asalnya, yaitu, Selasa-Rabu, pukul 19.10.

Drama Whisper bercerita tentang Shin Young Joo (Lee Bo Young), seorang detektif wanita yang berkarisma dan Lee Dong Joon (Lee Sang Yoon), seorang hakim yang adil.

Mereka berusaha mengungkap korupsi di Firma Hukum Taebaek yang terkenal dan dihormati di Korea.

INDOPOS berkesempatan mengunjungi lokasi syuting Whisper saat melakukan kunjungan Press Junket ONE di Seoul, Korea Selatan 3-6 April lalu.

INDOPOS bisa melihat-lihat lokasi syuting yang berada di studio milik televisi SBS di Ilsan.

Di SBS Ilsan terdapat beberapa studio di areal seluas 99.173,5 meter persegi. Lokasi syuting Whisper dilakukan di studio terbesar SBS.

Studio yang awalnya kosong, disulap oleh tim SBS Art and Technology (A & T) menjadi beberapa set syuting.

Di antaranya, set kantor pengacara Taebaek, lengkap dengan beberapa ruang kantor bagi pengacara yang bekerja di firma hukum tersebut.

Memasuki kantor pengacara Taebaek, kesan modern dan mewah ditampilkan dalam set. Sebagai firma hukum bergengsi dalam cerit tersebut, suasana kantor di set sedemikian rupa, sehingga menimbulkan kesan berkarisma seperti yang diharapkan sutradara.

Memasuki set kantor, INDOPOS memasuki sebuah lorong yang dindingnya terbuat dari marmer hitam mewah.

Kemudian, di kanan kiri lorong terdapat beberapa patung batu kuda dan tentara terakota.

Untuk bisa memasuki ruang utama, tamu yang datang harus dipindai sidik jarinya. Barulah, di balik pintu terlihat ruang kerja para pengacara.

INDOPOS juga diajak melihat set rumah pemimpin firma Taebaek yang mewah dan terdiri dari dua lantai. Termasuk ruang tamu, kamar tidur, dan kantor pribadi.

Menurut Kwon, pemandu dari SBS, untuk membangun set drama yang sempurna dan terlihat asli, tim SBS A & T membutuhkan waktu sekitar satu bulan.

Untuk furniture, biasanya tim mendapatkan sejumlah sponsor.

”Sesudah mendapatkan sponsor furniture, barulah tim menentukan set kantor yang sesuai dengan jalan cerita yang ingin dibangun sang sutradara. Sebagian besar set bisa dibongkar pasang karena terbuat dari triplek, kayu, dan gabus,” jelasnya kepada INDOPOS.

Dia menjelaskan, jarang sekali set yang sama dipakai untuk drama lain. Biasanya, sesudah drama usai, semua set dibongkar dan jarang dipakai ulang.

”Kalau ada pun paling hanya pernak-perniknya saja. Dengan begitu tim produksi bisa menghemat sedikit biaya,” ungkapnya.

Untuk sebuah set dalam produksi drama, sedikitnya membutuhkan KRW 10 juta (atau sekitar Rp 125 juta). Tak heran, untuk menghemat bujet, tim produksi bisa juga mengakali latar set.

INDOPOS sempat melihat sebuah gedung SBS pada bagian depannya dibuat seperti pintu masuk kantor polisi, namun di dalamnya adalah sebuah rumah sakit.

Jadi, cukup diakali dengan menempel stiker kantor polisi di luar dan rumah sakit di bagian dalam, bisa untuk mengambil dua gambar dengan dua latar berbeda.

Kuncinya, pada penggunaan beberapa kamera, agar engle yang diinginkan bisa sesuai. So, jangan pikir setiap set drama dilakukan di banyak tempat, rumah, dan kantor lagi ya.

Ternyata cukup di satu studio saja, namun dengan profesionalisme, bisa memanjakan mata penikmat K-drama. (brigita sicillia)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Si Ganteng Ini Bakal Bintangi Drama She Loves Lies


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler