Menguji Samsung Galaxy A20s: Hp Triple Kamera di Bawah Rp 3 Jutaan

Selasa, 15 Oktober 2019 – 16:22 WIB
Samsung Galaxy A20s. Foto: Ridha/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Bulan lalu, September, Samsung Electronic Indonesia memboyong dua handphone sekaligus di segmen menengah ke bawah, meliputi Galaxy A20s dan Galaxy 30s.

Kedua perangkat tersebut merupakan pembaruan dari model sebelumnya, Galaxy A20 dan Galaxy 30 yang kini sudah tidak diniagakan lagi oleh Samsung di Indonesia.

BACA JUGA: Samsung Galaxy A10s: Hp di Bawah Rp 2 Jutaan Cukup Berkesan

Berbekal pembaruan yang signifikan kami pun mendapatkan kesempatan bercengkrama langsung untuk menguji salah satu dari Hp tersebut yakni Galaxy A20s.

Di atas kertas, Samsung Galaxy A20s telah mendapatkan penyegaran mulai dari desain, kamera, hingga baterai berkapasitas jumbo.

BACA JUGA: Samsung Galaxy A20s dan A30s Resmi Dirilis, Cek Harga Khususnya

Hp berbanderol di bawah Rp3 juta itu membuat kami semakin penasaran. Lantas bagaimana sensasinya ketika digunakan dalam sehari-hari?

Layar dan desain bodi
Samsung Galaxy A20s mempunyai layar lebih panjang, 6,5 inci dibandingkan dengan Galaxy A20 yang sebelumnya hanya 6,4 inci. Jenis layarnya sendiri, perangkat tersebut masih sama dengan pendahulunya yang hanya menggunakan desain Infinity-V dan layar panel TFT PLS FullHD.

BACA JUGA: Pembaruan Software Samsung Galaxy S10 Bawa Peningkatan Fitur

Samsung Galaxy A20s memiliki bodi berbentuk memanjang dengan dimensi 163.3 x 77.5 x 8 dan ditambah desain lebih ramping sehingga terlihat lebih mewah. Meski terlihat lebih luas namun perangkat tersebut masih nyaman saat digenggam.

Melangkah ke bodi belakang, perangkat tersebut menggunakan bahan jenis polikarbonat holografik crystal yang glossy, sehingga tampak elegan, tapi mudah meninggalkan bekas jejak jari, terlebih smartphone ini tidak punya case bawaan.

Bergeser ke samping, terdapat tombol volume dan slot simcard yang terdiri 2 slot nano dan 1 slot microSD yang letaknya ada di sisi kiri bodi, dan di bagian sisi atas bodi terdapat mikrofon, sementara di bagian kanan bodi hanya terdapat tombol power.

Beralih ke bagian bawah bodi terdapat jack mikrofon 3.5 mm, USB Type-C dan lubang speaker. Kemudian, di bagian belakang bodi ada tiga kamera yang terdiri kamera utama, kamera ultra wide, serta dept sensor untuk memberi efek bokeh berikut dengan lampu flash.

Selain itu, perangkat tersebut juga ditunjang dengan sistem keamanan berupa sensor fingerprint yang diletakan di bagian sisi tengah belakang.

Kamera
Samsung Galaxy A20s hadir membawa tiga kamera utama yang disusun secara vertikal terdiri dari kamera utama 13 MP, kamera ultra wide 8 MP dengan lensa 120 derajat, dan kamera depth sensor 5 MP untuk bisa menghasilkan foto bokeh.

Sama pada ponsel terbaru Samsung dengan tipe apapun, pada menu kamera terdapat ikon yang berfungsi untuk berganti dari lensa biasa ke lensa ultra wide secara cepat. Kemudian untuk memoles hasil jepretan agar tampak bagus, kami pun memanfaatkan efek filter dan beauty mulai dari Auto HDR, Live Focus, serta Scene Optimizer. Hasilnya, foto yang berhasil kami bidik terlihat lebih jernih tanpa noise.

Di bagian depan, Samsung Galaxy A20s dilengkapi kamera selfie dengan resolusi 8 MP. Kamera tersebut dilengkapi fitur serupa dengan kamera belakang.

Pada kamera selfie juga tersedia dua setelan lensa, yakni lensa normal dan wide yang berfungsi ketika berfoto selfie bareng. Foto selfie akan terekam dengan baik dan terang, sehingga membuat tampilan tampak wajar, artinya wajah tidak diperhalus secara berlebihan.

Perfoma
Samsung Galaxy A20s dibekali dengan prosesor Snapdargon 450 dan ditopang dengan dua pilihan RAM 3 GB dan 4 GB serta ruang penyimpanan 32GB dan 64GB. Dengan kapasitas RAM dan ruang penyimpanan lebih besar
sehingga perangkat itu sangat cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Berbekal prosesor baru pada Galaxy A20s kami pun mencoba mengunduh permainan Mobile Legend yang memiliki kapasitas 100 MB. Kami pun merasakan permainan dengan nyaman dan tidak merasakan deadlock atau terhambat saat bermain gim.

Apalagi didukung dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh membuat kami bermain gim dalam waktu lama dan bisa dibilang baterai tersemat pada ponsel itu cukup awet.

Kesimpulan
Meski dari sektor performa masih sedikit kurang, namun bagi Anda yang hanya pemain gim pemula dan lebih membutuhkan kenyamanan dalam hal kamera dan sosial media, perangkat ini bisa menjadi rekomandasi yang mencari hp dengan harga di bawah Rp 3 juta.

Saat ini, Galaxy A20s ditawarkan dalam dua pilihan yaitu Rp 2.499.000 untuk versi RAM 3/32GB, dan untuk versi RAM 4/64GB dibanderol Rp 2.799.000. Untuk pilihan warna tersedia hitam, hijau dan merah. (mg9/jpnn) 


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler