Mengulas Samsung Galaxy A30s: Harga Murah Fitur Sekelas Hp Mewah

Selasa, 15 Oktober 2019 – 09:38 WIB
Samsung Galaxy A30s. Foto: Ridha/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Samsung Electronic Indonesia terbilang masif melakukan penetrasi di segmen pasar handphone menengah ke bawah. Terutama di lini produk Galaxy A series.

Dalam kesempatan beberapa hari, JPNN.com menjajal langsung hp terbaru yang dijual dengan harga terjangkau (Rp 3 jutaan) tetapi dirancang lebih mewah, Samsung Galaxy A30s. Tidak sekadar tampilan, kamu juga bisa lihat fitur-fitur yang dibenamkan mengadopsi dari spesifikasi hp di segmen atas.

BACA JUGA: Samsung Galaxy A10s: Hp di Bawah Rp 2 Jutaan Cukup Berkesan

Bagi generasi yang selalu hidup praktis dan terhubung secara online, Galaxy A30s cukup mumpuni menyediakan berbagai kebutuhan tersebut. Simak ulasan kami berikut:

BACA JUGA: Sadis, Samsung Galaxy S11 Bakal Ditanamkan Kamera 108 MP dan Memori 1 TB?

Desain
Daya tarik hp Samsung sudah terlihat dari bagian luar. Ringan dan ramping membuat nyaman dalam genggaman. Termasuk tampilan layar Infinity-V dengan bentang layar lebar.

Nah, menariknya lagi, Galaxy A30s ditambahkan aksen glossy (mengilap) 3D untuk bagian belakang, apalagi ketika terkena sinar matahari, efeknya kian nyata. Padahal material cangkang terbuat dari plastic polycarbonate.

BACA JUGA: Samsung Galaxy A50s Bawa Kamera 48MP, Harganya Terjangkau

Bagian belakang juga dibuat polos, atau tanpa menyertakan pemindai sidik jari yang dialihkan ke dalam layar muka. Kebetulan yang kami gunakan ialah warna prism crush green. Hasilnya, sederhana dan elegan. Dua pilihan warna lainnya, prism crush black dan prism cris white.

Layar
Layar Infinity-V hampir tanpa bezel dan notch kecil, sehingga tampak luas. Aktivitas multimedia pun jadi lebih mengasyikkan juga terkait visibilitasnya.

Hal itu ditunjang dengan resolusi Full HD+ dengan teknologi Super AMOLED. Tidak heran jika konten terlihat tajam, seperti hasil foto atau saat menampilkan video.

Kamera
Kemampuan fotografi Galaxy A30s telah mendapat peningkatan signifikan dari model pendahulunya.

Tiga kamera di bagian belakang menjadi daya tawar baru. Kamera utama memiliki resolusi 25 MP (f/1.7), dua kamera lainnya untuk pengambilan ultra-wide angle 8 MP (f/2.3) dan kamera 5 MP dengan efek kedalaman atau bokeh.

Berbalik ke depan, kamera selfie A30s menyematkan sensor dengan resolusi 16 MP (f/2.0) plus fitur beauty.

Samsung juga membekalinya dengan teknologi artificial intelligence yang berfungsi mengenali berbagai objek kemudian memberikan informasi ke sistem untuk melakukan penyetelan yang tepat terkait speed, diafragma hingga white balance-nya. Juga jika objek berada dalam kondisi backlight.

Jantung Pacu
Samsung Galaxy A30s diotaki chipset Exynos 7904, yang lebih mumpuni dibanding Snapdragon 450.

Apalagi kapasitas penyimpanannya RAM 4 GB, sehingga kebutuhan kinerja kami yang terbilang multitasking lebih lancar, juga saat perpindahan aplikasi berjalan cepat. Sederhananya tanpa lemot atau hang.

Fitur
Di sini pula yang membuat Galaxy A30s bukan seperti hp entry level. Hadirnya fitur Near Field Communication (NFC) memungkinkan pengguna melakukan transaksi secara nirkabel, salah satunya mengisi saldo e-money melalui aplikasi di ponsel tanpa harus ke ATM. Sementara Samsung Pay bisa menjadi alat pembayaran alternatif.

Selain itu, A30s juga mendapat fitur AI Gaming Booster. Ini sangat membantu kami ketika bermain gim. Apalagi ditunjang Frame Booster, sehingga gambar lebih tajam dan grafis lebih halus. Bahkan, fitur ini mampu mempelajari rutinitas aktivitas main gim untuk mengoptimalkan baterai, suhu, dan memori perangkat.

Harga
Samsung Galaxy A30s pilihan RAM 4 GB ROM 64 GB dilepas dengan harga Rp 3.299.000. Anda bisa mendapatkannya di layanan online maupun offline. (mg8/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler