Menhub: Bagi kami ini Adalah era Baru

Sabtu, 30 Desember 2017 – 21:03 WIB
Ilustrasi pembangunan LRT. Foto: Indopos/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menandatangani perjanjian Kredit Sindikasi Proyek Kereta Api Ringan (LRT) Jabodebek dengan 12 Bank Sindikasi baik Himbara, bank swasta nasional dan swasta asing.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, melalui perjanjian tersebut memberikan kepastian pembiayaan untuk penyelesaian proyek LRT Jabodebek.

BACA JUGA: KAI MoU Kontrak Pinjaman dengan Bank Sindikasi Rp 19,25 T

“Suatu hal yang sangat membanggakan melalui penandatanganan perjanjian ini. Bagi Kementerian Perhubungan ini adalah era baru di mana satu pembangunan infrastruktur yang selama ini menggunakan APBN bisa didanai oleh swasta,” ucap Budi kemarin.

Pemerintah, sambung Budi, telah menghitung total nilai investasi penyelenggaraan prasarana dan sarana LRT Jabodebek sebesar Rp 29,9 Triliun.

BACA JUGA: Sukuk Negara Jadi Tiang Pembangunan Infrastruktur

Besarnya nilai tersebut membuat pemerintah membuka peluang bagi para investor untuk ikut serta dalam pembiayaannya.

Dalam kerja sama ini, KAI menandatangani kontrak pinjaman dalam waktu 18 tahun dengan nominal sebesar Rp 18,1 triliun untuk kredit investasi dan Rp.1,15 triliun untuk kredit modal kerja.

BACA JUGA: 2018, Pelabuhan Nabire Segera Dibangun

Adapun 12 Bank Sindikasi tersebut terdiri dari Bank Mandiri, BRI, BCA, CIMB Niaga dan PT SMI, serta bank-bank lain yang juga bertindak sebagai kreditur di antaranya Bank DKI, BTMU, Hana Bank, Shinhan Bank Indonesia, Bank Sumut dan Bank Mega.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Animo Masyarakat Libur Natal dan Tahun Baru Sangat Tinggi


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler