Menhub Budi Karya Imbau Pemudik jangan Lakukan Perjalanan Akhir Pekan Ini

Sabtu, 07 Mei 2022 – 20:20 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan perjalanan ke rumah masing-masing pada akhir pekan ini. Ilustrasi Foto: Kemenhub

jpnn.com, BANTEN - Pemudik yang masih berada di kampung halaman diimbau agar menghindari untuk melakukan perjalanan ke rumah masing-masing pada akhir pekan ini.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang didampingi Kapolri Listyo Sigit Prabowo saat meninjau Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung, Sabtu (7/5).

BACA JUGA: Hindari Kepadatan Arus Balik Lebaran, Begini Imbauan Menhub untuk Pemudik

Menurut Menhub Budi Karya, 60 persen pemudik belum kembali ke Jakarta, baik yang menyeberang dari Sumatra maupun melalui jalur tol dari arah timur menuju Jakarta dan sekitarnya.

“Pada arus mudik, 37 ribu kendaraan dalam sehari, di Merak ada antrean sepanjang 10 km. Kalau ini nanti lebih dari itu, katakan 45 ribu hingga 50 ribu kendaraan sehari, maka akan ada antrean dan tentu pelayanan menjadi tidak baik,” kata Menhub Budi Karya.

BACA JUGA: Imbauan Penting dari Menhub Budi Karya agar Arus Balik Pemudik Makin Lancar

Menhub mengatakan pemerintah memberikan izin bagi masyarakat yang bekerja untuk mengambil cuti setelah tanggal 8 Mei 2022 dan juga kepada anak sekolah melalui daring.

“Kami mohon masyarakat untuk mengikuti anjuran ini agar perjalanan kembalinya bisa lebih nyaman,” ujarnya.

BACA JUGA: Menhub Budi Karya Pantau Jalur Mudik Lebaran, Belum Mencapai Puncak

Lebih lanjut, Menhub menjelaskan untuk mengantisipasi lonjakan arus balik dari Sumtera ke Jawa melalui penyeberangan, disiapkan tujuh dermaga di Bakauheni.

Dia mengatalan ada tambahan empat dermaga di Pelabuhan Panjang dan BBJ.

Selain itu, jumlah kapal juga ditambah dari semula 45 kapal menjadi 63 kapal.

Sementara itu, untuk mengantisipasi lonjakan di jalur tol dari Semarang ke arah Jakarta, disiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas baik one way, contraflow, ganjil genap, maupun pembatasan angkutan barang sumbu tiga atau lebih.

Di kesempatan yang sama, Kapolri Listyo Sigit menuturkan pergerakan arus balik terus mengalami peningkatan dalam tiga hari terakhir.

“Satu hari sekitar 15 ribu, kemudian naik menjadi 16 ribu, sampai 31 ribu dan kemungkinan malam ini meningkat terus sampai 40 ribu kendaraan dalam sehari,” katanya.

Dia mengungkapkan hingga hari ini situasi pergerakan arus balik masih dalam kondisi hijau atau masih terkendali.

Dia menambahkan, sejumlah K/L (Kemenpan RB dan Kemendikbud) dan asosiasi perusahaan memberikan relaksasi sekitar 5 hari sampai dengan 1 minggu dari tanggal 8 Mei 2022.

Hal itu untuk mengatur perjalanannya arus mudik tidak menumpuk di hari Sabtu dan Minggu ini (7 dan 8 Mei 2022).

“Diharapkan masyarakat bisa kembali dengan nyaman dan pemerintah bersama stakeholder bisa memberikan pelayanan yang lebih baik,” pesan Listyo Sigit. (Antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Merak Makin Padat, Menhub Aktifkan 2 Pelabuhan Tambahan untuk Pemudik


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler