Menhub: Transportasi Sudah Menjadi Kebutuhan Dasar

Rabu, 22 Februari 2017 – 14:29 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto dok Kemenhub

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, jasa transportasi saat ini telah menjadi kebutuhan dasar masyarakat.

Karena itu, sambung Budi, kesinambungan ketersediaan pelayanan jasa transportasi dalam memenuhi kebutuhan aktivitas produksi, konsumsi dan distribusi harus mendapat perhatian secara berkelanjutan.

BACA JUGA: Kemehub-Kemendag Jalin Sinergi dalam Sistem Logistik

“Kesinambungan ketersediaan jasa transportasi di seluruh wilayah merupakan hal yang mutlak karena fungsi strategis transportasi ikut menciptakan stabilitas dan kelangsungan kegiatan masyarakat serta roda pemerintahan,” ujar Budi.

Mantan dirut AP II ini menjelaskan Kementerian Perhubungan dalam hal ini berperan sebagai konektor untuk mengembangkan tol laut dan tol udara.

BACA JUGA: Kemenhub Dukung Potensi Wisata Mandalika

Sehingga peran transportasi sebagai penghubung memiliki dampak yang besar dan bisa langsung dirasakan masyarakat.

“Dari data Kemenko Maritim menunjukkan adanya tol laut menjadikan menurunnya harga komoditas. Penurunan paling besar di daerah Indonesia Timur yaitu di Namlea sebesar 49 persen,” kata Budi.

BACA JUGA: Jembatan Timbang Beralih Kewenangan, Kemenhub Lakukan..

Dengan potensi yang dimiliki, tutur Budi, Indonesia harus didukung dengan sistem transportasi yang handal, seperti pengadaan transportasi laut, pembangunan dan pemeliharaan kapal pelabuhan barang.

Kemudian pembangunan tol laut guna penyerataan harga komoditas, menghilangkan pungli di pelabuhan, serta konektivitas sistem transportasi.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menhub: Mudah-mudahan Peluang itu Besar


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler