Menit 48, Rooney Bawa Inggris Unggul 1-0

Rabu, 20 Juni 2012 – 03:00 WIB

Donetsk — Wayne Rooney membuktikan diri sebagai pemain yang pantas ditunggu pecinta sepakbola Inggris.  Bomber Manchester United ini akhirnya membuka kebuntuan di awal babak kedua lewat sundulannya yang memanfaatkan umpan Gerrard. Gol di menit ke 48 ini membuka asa Inggris melaju ke babak delapan besar.

Seperti diketahui Inggris dan Ukraina melakoni laga pamungkas untuk menentukan siapa yang berhak mewakili grup D melaju ke babak perempat final di, Donbass Arena, Donetsk, Ukraina, Rabu (20/6) duni hari.

Inggris sebenarnya hanya butuh hasil imbang untuk melaju ke babak delapan besar. Namun tuan rumah yang tak ingin sekedar menjadi penonton di rumah sendiri  bukanlah lawan yang mudah. Tampil dengan seragam biru tua anak asuh Oleh Blokhin  ini justru tampil dominan di menit menit awal babak pertama.

Turun tanpa sang kapten Andriy Shevchencko, Ukraina mampu menguasai jalannya laga. Namun serangkaian serangan yang dibangun sulit menembus benteng pertahanan kokoh yang digalang John Terry dan kawan-kawan.

Memasuki menit ke sepuluh Inggris mulai mampu mengembangkan permainan. Skuad asuhan Roy Hodgson ini beberapakali mampu menerobos hingga ke areal pertahanan Ukraina.

Tapi hingga menit ini Ukraina lebih banyak melepaskan tembakan ke arah gawang. Menit ke 12 misalnya Devic nyaris membobol jala Joe Hart. Beruntung bola masih membentur Joleon Lescott. Menit ke 18 dan 22 Ukraina mendapatkan peluang melalui Tymoschuk  dan Gusev.

Tapi lagi-lagi penyelesaian akhir yang terlihat terburu-buru membuat tembakan tak akurat. Menit ke 28, Inggris mendapatkan peluang lewat sebuah serangan balik.  Namun sanyang bola menyilang di muka gawang Pyatov tak mampu disundul oleh Rooney. Sejauh ini, inilah peluang terbaik yang didapat Inggris.

Menit ke 30, Yarmolenko nyaris membobol gawang Inggris. Namun sayang tendangannya masih mampu ditangkap Joe Hart. Sejauh ini kiper Manchester City tersebut cukup bagus dalam menggagalkan tembakan Ukraina. Meski banyak peluang yang tercipta, hingga akhir paruh pertama skor 0-0 mengakhiri laga.

Memasuki babak kedua Inggris meningkatkan tempo serangan. Berawal dari sepak pojok yang mampu diblokir pertahanan Ukraina, Gerrard berhasil menahan bola sebelum melepaskannya kembali ke daerah pertahanan Ukraina. Rooney yang tak terkawal akhirnya mampu menyarangkan bola di menit ke 48. 1-0 untuk Inggris. (zul/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Inggris Menang Tipis, Prancis Absolut


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler