Menjangkau 40 Kota Pesisir, FishLog Siap Perkuat & Perluas Jaringan Perikanan Indonesia

Rabu, 01 Februari 2023 – 17:35 WIB
Salah satu FishLog Quality Center. Foto dok FishLog

jpnn.com, JAKARTA - FishLog berhasil menyerap lebih dari 15 ribu ton ikan dari seluruh perairan Indonesia, mendistribusikan 2,000 ton ikan dan telah memiliki kemitraan dengan lebih dari 234 cold storage.

FishLog juga menjangkau lebih dari 80 pelaku perikanan yang tersebar di seluruh Indonesia dan membantu setidaknya lebih dari 220 mitra UMKM di bidang perikanan.

BACA JUGA: Perkuat Jaringan Ekosistem Rantai Pasok Perikanan, FishLog Dapat Pendanaan Rp 50 Miliar

Pencapaian ini membuktikan langkah FishLog sebagai salah satu startup agritech dalam memperluas layanannya untuk menjangkau lebih banyak lagi masyarakat dan pelaku perikanan di tahun 2023.

Sebagai ecosystem enabler di industri ini, FishLog juga mencatat pertumbuhan pendapatan yang berlipat dari sisi supply dan demand perikanan di indonesia.

BACA JUGA: Tas dan Dompet Kulit Produksi UMKM Binaan SIG Diminati Warga Asing

“Capaian ini masih akan terus kami tingkatkan untuk mendukung ekosistem rantai pasok perikanan Indonesia yang lebih terintegrasi, transparan dan berkelanjutan. Kami percaya untuk memperkuat ekosistem ini, diperlukan sinergi yang kuat antar stakeholder perikanan, baik nelayan, pengepul, pemilik gudang, distributor, pedagang hingga pelaku UKM pengolah produk perikanan," ujar Bayu Anggara, CEO dan Co-Founder FishLog.

Sinergi yang didorong oleh FishLog ini diharapkan juga bisa mempercepat realisasi jaringan bulog-perikanan Indonesia melalui produk dan layanan yang ada.

BACA JUGA: Tekan Angka Stunting, Ganjar Pranowo Luncurkan Program Beras Fortifikasi

FishLog juga memastikan kontinuitas pasokan, kestabilan harga dan pemerataan komoditas perikanan di seluruh wilayah Indonesia.

Hingga saat ini, FishLog sudah menjangkau lebih dari 40 kota pesisir dan membuka lebih dari 500 pekerjaan di wilayah tersebut.

“Kami menyadari untuk menciptakan industri perikanan yang kuat, perlu mengembangkan sumber daya yang terbaik. Kami juga hadirkan FishLog Academy, salah satu program peningkatan kapabilitas tim, yang telah merekrut lebih dari 200 karyawan hingga akhir 2022. Kapasitas ini tentu masih akan kami perbesar hingga dua kali lipat di akhir tahun nanti,” ungkap Bayu.

FishLog berencana terus meningkatkan layanan yang ada untuk dapat memenuhi kebutuhan dan permintaan ikan di kancah pasar yang lebih luas lagi.

FishLog telah memiliki sejumlah produk dan layanan yang beragam seperti FishLog B2B Marketplace, FishLog Quality Center, FishFin - Channeling Inventory Financing, dan Commercial Partnership.

Melalui FishFin-layanan keuangan bagi para pelaku rantai pasok perikanan untuk mendapatkan pembiayaan perikanan berbasis inventori, FishLog telah mencatat distribusi pembiayaan sebesar lebih dari Rp 30 miliar kepada berbagai pelaku perikanan.

“Misi kami adalah untuk menjadi solusi digital dalam menyajikan layanan usaha yang berfokus pada kegiatan konsolidasi dan distribusi hulu ke hilir. Dengan memberikan akses terhadap pembiayaan, kami ingin terus dapat memperkuat jaringan ekosistem perikanan melalui penguatan kemitraan dengan sejumlah pihak,” tutur Bayu.

Dari ekosistem yang besar ini, Bayu menjelaskan bahwa banyak mitra yang telah terbantu dan dapat melakukan ekspansi bisnis yang mereka miliki.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
FishLog   Perikanan   ikan   UMKM   ekspansi bisnis  

Terpopuler