Menjelang Final Championship Series Liga 1, Persib Kena Sanksi Komdis PSSI

Jumat, 24 Mei 2024 – 12:50 WIB
Persib Bandung dalam kondisi pincang saat menjamu Bali United. FOTO: ANTARA/Raisan Al Farisi/YU.

jpnn.com - Keberhasilan Persib Bandung melaju ke partai Final Championship Series Liga 1 musim 2023/2024 diwarnai perilaku buruk oknum suporter mereka, Bobotoh.

Persib pun dijatuhi sanksi oleh Komite Disiplin (Komdis) PSSI berupa denda Rp 50 juta karena tindakan pitch invader.

BACA JUGA: Persib vs Madura United: Hodak Waspadai Pemain Satu Ini

Pada pertandingan semifinal leg kedua Persib vs Bali United di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (18/5/2024), tiga orang penonton nekat masuk ke dalam lapangan setelah laga usai.

Oknum suporter itu masuk ke area lapangan dan mendekati sejumlah pemain yang tengah bereuforia seusai mengalahkan Bali United 3-0 dan memastikan tempat di final.

BACA JUGA: Persib vs Madura United: Passos Siapkan Materi Khusus untuk Penjaga Gawang

Imbas aksi nekat suporter itu, sejumlah petugas pengamanan bergegas mengamankan tiga orang penonton tersebut, bahkan kapten tim Persib, Marc Klok dan Dedi Kusnandar pun sempat memberi peringatan secara langsung.

Dalam surat keputusan Komite Disiplin PSSI bernomor 223/L1/SK/KD-PSSI/V/2024 yang ditandatangani ketua, Eko Hendro Prasetyo, SH., M.H., disebutkan, Persib mendapatkan sanksi denda Rp 50 juta karena tingkah laku buruk tiga orang penonton yang masuk ke lapangan permainan.

BACA JUGA: Persib vs Madura United: Bey Berharap Maung Bandung Menang 3-0

Sanksi itu diperkuat dengan bukti-bukti yang cukup untuk menegaskan terjadinya pelanggaran disiplin.

Apa yang dilakukan penonton tersebut melanggar Pasal 70 Ayat 1, Ayat 4 dan Lampiran 1 Nomor 5 Kode Disiplin PSSI Tahun 2023.

"Pengulangan terhadap pelanggaran terkait di atas akan berakibat terhadap hukuman yang lebih berat," tulis Komite Disiplin PSSI.

Vice President PT Persib Bandung Bermartabat Andang Ruhiat turut mengecam adanya oknum Bobotoh yang melakukan tindakan pitch invader yang berbuah sanksi.

Andang meminta dengan tegas agar Bobotoh tidak melakukan pitch invation dan tindakan melanggar lainnya karena ada ancaman sanksi yang lebih berat.

"Bukan hanya menyayangkan, kami mengecam aksi masuk ke lapangan itu. Ini preseden buruk di tengah perjuangan Persib meraih trofi juara. Jangan ulangi di pertandingan final. Dukung Persib dari atas tribune penonton saja,” kata Andang, Jumat (24/5/2024).

Untuk merealisasikan harapan Bobotoh, Persib akan berjuang menghadapi Madura United pada pertandingan final leg pertama di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Minggu (26/5/2024) pukul 19.00 WIB. (mcr27/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler