Menjelang HUT ke-79 TNI, Jenderal Maruli Berziarah di TMP Kalibata

Jumat, 04 Oktober 2024 – 14:59 WIB
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata, Jakarta, Jumat (4/10/2024) menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI). Foto: Dispenad

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata, Jakarta, Jumat (4/10/2024) tepatnya sehari sebelum peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Menurut Jenderal Maruli, ziarah ini adalah wujud rasa cinta, penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi merebut kemerdekaan dan mempertahankan kedaulatan NKRI.

BACA JUGA: Gladi Bersih HUT TNI, Ribuan Pasukan Berbaris hingga Beratraksi

Kegiatan yang dipimpin Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto ini juga dihadiri para Kepala Staf Angkatan, pejabat tinggi Mabes TNI serta perwakilan prajurit dari ketiga matra di tubuh TNI.

Panglima TNI dalam sambutannya menyampaikan ziarah ini sejatinya bukan sekadar bentuk penghormatan, melainkan juga bentuk ajakan untuk terus mengingat semangat juang para pahlawan yang menginspirasi seluruh prajurit TNI dalam mengemban tugas menjaga kedaulatan negara.

BACA JUGA: Hadiri Upacara HUT TNI, Jokowi Naik Tank Marinir Didampingi Laksamana Yudo

“Semangat para pahlawan ini harus terus dihayati dan menjadi teladan bagi setiap prajurit TNI dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya,” ujar Panglima TNI.

Pada kesempatan tersebut, tabur bunga dilakukan di sejumlah makam pahlawan bangsa. Termasuk makam Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie, Jenderal TNI (Anumerta) Ahmad Yani, Jenderal TNI (Purn) Abdul Haris Nasution, Jenderal TNI (Purn) Umar Wirahadikusumah, Jenderal TNI (Purn) Edi Sudradjat serta Letjen TNI (Anumerta) R. Soeprapto.

BACA JUGA: Kompak, TNI-Polri hingga Satpol PP di Inhu Patroli Jaga Keamanan Selama Pilkada

Ziarah di TMP Kalibata ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan dalam menyambut HUT ke-79 TNI, yang puncaknya akan diperingati pada 5 Oktober 2024 di Lapangan Silang Monas, Jakarta.

Acara puncak tersebut akan melibatkan puluhan ribu personel TNI beserta Alutsistanya. Seluruh masyarakat diundang untuk bersama-sama merayakannya.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler