Menko Airlangga akan Bertemu Pejabat Penting di PTM IPEF, Ini yang Dibahas

Rabu, 05 Juni 2024 – 09:59 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menghadiri rangkaian acara Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) IPEF. Foto: Kemenko Perekonomian

jpnn.com, SINGAPURA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menghadiri rangkaian acara Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF), IPEF Clean Economy Investor Forum (CEIF), dan The 6th Bilateral Economic Working Groups (EWG) Ministerial Meeting, yang digelar di Marina Bay Sands Singapura pada 5–8 Juni 2024.

Pertemuan IPEF Ministerial Meeting itu akan membahas tindak lanjut Pilar II (Supply Chain), serta penandatanganan Pilar III (Clean Economy), Pilar IV (Fair Economy), dan Overarching Agreement.

BACA JUGA: Menko Airlangga Kunjungi Fasilitas Terintegrasi CNGR di Tiongkok

Mengawali agenda pertemuan bilateral, Ketua Umum Partai Golkar itu dijadwalkan akan bertemu dengan US Secretary of Commerce Gina Raimondo di Fullerton Hotel, Rabu (5/6).

Menko Airlangga akan membahas tindak lanjut Pilar II (Supply Chain) berupa proses ratifikasi di masing-masing negara anggota IPEF.

BACA JUGA: Menko Airlangga & Menhan Prabowo Terima Kunjungan Sekjen OECD, Ini yang Bahas

Selain itu, dia dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dan penandatanganan MoU terkait Implementasi Article 6 pada Paris Agreement dengan Minister of Trade Korea Selatan.

Selain itu, juga akan dilakukan pertemuan bilateral dengan State Minister of Japan Tsuji Kiyoto.

BACA JUGA: Setelah dari Korea, Menko Airlangga Wakili Jokowi Hadiri Nikkei Forum 2024 di Tokyo

Pada rangkaian acara IPEF Ministerial Meeting ini, Menko Airlangga juga dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam dan dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong, Deputi Perdana Menteri Singapura Gan Kim Yong, dan jajaran Pemerintahan Singapura lainnya.

Di sela-sela Ministerial Meeting IPEF, Menko Airlangga juga akan menjadi Panelis dalam acara Sustainable Infrastructure Dialogue pada Clean Economy Investor Forum (CEIF).

Pada kesempatan tersebut, eks Menteri Perindustrian itu akan memaparkan kebijakan Indonesia dalam menjalankan sustainable infrastructure.

Hadir mendampingi Menko Airlangga selama acara IPEF Ministerial Meeting di Singapura, Sesmenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso bersama Tim Ahli dan jajaran pejabat Kemenko Perekonomian.

Kehadiran Menko Airlangga pada acara ini diharapkan akan dapat mendorong peran penting Indonesia dalam IPEF, dan peran kunci Indonesia dalam kerja sama regional di Kawasan Indo Pasifik, yang akan memberikan manfaat nyata dalam mendorong peningkatan ekonomi Indonesia. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menko Airlangga Mewakili Presiden Jokowi Mengikuti Nikkei Forum 2024


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler