Menkominfo Budi Arie Tegaskan Gedung Istana Garuda IKN Kebanggaan Nasional

Jumat, 09 Agustus 2024 – 19:50 WIB
Menkominfo Budi Arie Setiadi. Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa gedung Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan kebanggaan bangsa Indonesia.

Budi menyampaikan itu merespons adanya warganet yang menganggap sayap Istana Garuda yang tampak berwarna cokelat gelap kehitaman menyerupai kelelawar dibanding burung garuda.

BACA JUGA: Menkominfo Budi Arie Sebut Tidak Ada Reshuffle Kabinet dalam Waktu Dekat

“Desain dan karya arsitektur Istana Garuda di IKN tentu menjadi salah satu kebanggaan nasional,” kata Budi di kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi, Jakarta, Jumat, (9/8).

Dia menjelaskan bentuk desain burung garuda yang mengepakkan sayap karya dengan nama Istana Garuda merupakan satu dari bagian Istana Kepresidenan Nusantara yang dibangun di lahan seluas 55,7 Ha, dan luas tapak 334.200 meter persegi. 

BACA JUGA: PP 28 Tahun 2024 soal Alat Kontrasepsi untuk Siswa, Begini Respons Budi

Menurut Budi, burung garuda menjadi desain karena kaitannya yang sangat erat dengan kebinekaan di Indonesia. 

"Tanah air kita sangat beragam dengan berbagai perbedaan, segala silang pandang, segala keragaman adat istiadat dan perilaku, dan perbedaan kepercayaan dan agama. Garuda merupakan simbol persatuan, palagi garuda juga menjadi bagian dari lambang negara, Bineka Tunggal Ika," jelasnya.

BACA JUGA: Angka Penganggur di Jakarta Tinggi, Heru Budi Berkomentar Begini

Budi menyebutkan Istana Garuda dirancang sebagai rumah yang berasosiasi pada burung garuda. 

Dia juga menjelaskan Istana Garuda bukan hanya menjadi landmark sebuah kawasan, melainkan juga perpaduan yang selaras antara seni, sains, dan teknologi karya anak bangsa. 

“Pada bangunan-bangunan ikonik di berbagai negara juga memiliki perpaduan ketiga unsur tersebut,” tuturnya.

Dia menjelaskan Istana Kepresidenan yang ada selama ini merupakan peninggalan pemerintah kolonial. 

Sementara itu, Kompleks Istana Kepresidenan di IKN murni dirancang dan dibangun oleh anak bangsa.

“Desain Istana Garuda merupakan produk karya anak bangsa yang berbasis budaya nusantara. Ini juga simbol dari lambang negara Indonesia, yakni burung garuda,” katany.

Desain Istana Garuda diwujudkan dalam pola arsitektur yang mempertimbangkan unsur estetika, kegunaan, serta manfaat bagi kemajuan sektor pariwisata Indonesia.

Budi menjelaskan Istana Garuda merupakan istana presiden pertama di dunia yang dibangun sebagai sebuah karya seni dengan teknologi pembuatan patung yang telah dipatenkan.

“Istana Kepresidenan di IKN menjadi ikon dan kebanggaan kita sebagai warga bangsa. Tentu ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dunia sehingga akan berdampak positif pada kemajuan sektor pariwisata,” kata Budi Arie. (mcr8/jpnn)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler