Menpar: Terima Kasih DiCaprio

Rabu, 30 Maret 2016 – 02:06 WIB
Leonardo DiCaprio saat berkunjung ke Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh. Foto: Instagram

jpnn.com - ACEH - Menteri Pariwisata Arief Yahya merasa tersanjung dengan kedatangan bintang Hollywood Leonardo DiCaprio di Aceh. Juga Adrien Brody dan Fisher Stevens. Ketiga aktor papan atas itu berkunjung ke Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh. 

"Wonderful Indonesia ikut terekspose, ikut terangkat, ikut terdongkrak oleh Leonardo DiCaprio. Terima kasih DiCaprio," ungkap Menpar Arief Yahya, di Jakarta. 

BACA JUGA: Lihat nih, Jupe Pinang Pak Ahok Pakai...

Popularitas nama "Indonesia" akan semakin moncer di level dunia. Sama halnya dengan bintang film Julia Robert yang shooting di Bali, untuk film Eat, Pray, Love. Sama juga dengan Lady Diana dan Mick Jegger di Pulau Moyo, Sumbawa, NTB. Atau David Beckham di Borobudur. 

Aceh jadi terekspos lebih banyak media global oleh DiCaprio yang debutnya mulai menanjak saat membintangi Titanic itu. 

BACA JUGA: Titiek Puspa Kenal Dekat dengan Sosok Almarhum Ayah Ariel

“Leonardo DiCaprio visits Mt. Leuser National Park,” tulis thejakartapost.com.

"Sanctuary in Aceh, Indonesia," tulis leonardodicaprio.org, situs yang mengelola Leonardo DiCaprio Foundation.

BACA JUGA: Ayah Ariel Meninggal Dunia, Ini Reaksi Sophia Latjuba

"Leonardo DiCaprio puts millions toward nature conservation," tulis news.mongabay.com.

Masih ada banyak lagi artikel berita yang menceritakan kedatangan tiga aktor papan atas dunia itu ke Aceh, Minggu (27/3). Semua menceritakan dukungan DiCaprio cs terhadap kegiatan konservasi flora dan fauna yang ada Taman Nasional Gunung Leuser.

“Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser memang kedatangan tamu istimewa. Minggu (27/3), Leonardo DiCaprio, Adrien Brody dan Fisher Stevens datang berkunjung ke Taman Nasional Gunung Leuser. Mereka ingin menyaksikan secara langsung konservasi flora dan fauna di Leuser,” terang Kepala Balai Besar TNGL, Andi Basrul, Selasa (29/3).

Inilah sebuah promosi pariwisata berdampak luar biasa. Bisa dibayangkan betapa besarnya gema Taman Nasional Gunung Leuser setelah  DiCaprio cs pulang ke negaranya? Pariwisata Selandia Baru pun ikut mendapat durian runtuh saat film Lord of The Rings dibuat di negeri dingin itu.

“Taman Nasional Gunung Leuser mendapat promosi yang luar biasa. Banyak hal menarik di sana yang terekspos media lantaran Taman Nasional Gunung Leuser kedatangan tamu figur ternama dunia,” tutur Asnawi Bahar, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), Selasa (29/3).

Asnawi tak asal bicara. Karena Dicaprio, Adrien Brody dan Fisher Stevens bukan aktor sembarangan. DiCaprio adalah aktor peraih Oscar 2016. Dia juga bintang Titanic, film pertama yang sanggup mendulang keuntungan hingga 1 miliar dolar AS di seluruh dunia.

Adrien Brody juga tak kalah glamornya. Dia peraih Academy Award for Best Actor 2002 saat membintangi Pianist. Sementara Fisher Stevens sudah banyak menjalani lakon di film, televisi, sutradara hingga produser. Semua berlabel Hollywood.

Lantaran mereka, dunia jadi tahu gambaran serunya petualangan di sebuah bukit bernama Bukit Lawang. Di bukit ini lah Leonardo cs berinteraksi secara langsung dengan orangutan. Jelajah hutan yang luas dan variatif pun bisa tergambarkan di beragam media. 

Pesona Leuser dari mulai hutan bakau, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, hutan lumut, sampai hutan subalpine, semua bisa dinikmati.

Taman nasional ini pun ikut memanjakan DiCaprio cs dengan aneka flora dan fauna. Setidaknya, ada sekitar 130 spesies terdiri dari harimau sumatera, gajah, badak, siamang, kera, macan tutul, reptil, ikan, dan juga 325 spesies burung, bisa dijumpai di sana.

Kalau masih mau menjelajah lagi, masih ada suguhan aneka tumbuhan tropis seperti mangga, rambutan, durian, alpukat, jeruk, pepaya, dan jambu biji yang bisa dinikmati. 

“Bentuk promosi apa lagi yang lebih hebat daripada itu? Tak ada APBN yang keluar, tapi aktor-aktor tenar Hollywood mau menjelajah di Taman Nasional Gunung Leuser,” timpal Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Didien Djunaedy.

Bagi pria berkacamata itu, ini merupakan hal bagus untuk mempromosikan Aceh. Promosi gratis, endorsernya bintang film internasional. Sangat kontras bila dibandingkan Malaysia yang harus merogoh kocek yang sangat dalam agar Petronas bisa menjadi latar belakang film Entrapment yang dibintangi Catherine Zeta-Jone dan Sean Connery.(ray/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... LIHAT NIH, Berpakaian Superketat, Si Seksi Benar-benar Bikin Iri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler