Menperin Minta Jokowi Atasi Kemacetan Jangka Pendek

Kamis, 27 Desember 2012 – 13:54 WIB
JAKARTA- Menteri Perindustrian MS Hidayat meminta Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menerapkan managemen lalu lintas guna mengantisipasi kemacetan jangka pendek.

"Saya minta pemda (pemerintah daerah), kita melakukan managemen lalu lintas. Managemen lalu lintas di kota besar ditegakkan," ujar Hidayat di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (27/12). Hidayat mengakui untuk menerapkan manajemen lalu lintas memang membutuhkan kerja keras. Bukan hanya pemda, pihak kementerian juga akan ikut andil membantu.

"Manajemen lalu lintas diantara seperti disiplin parkir, transportasi umum diperbaiki. Ini memang tidak mudah tapi harus mulai kita terapkan," terangnya. Selain itu, pihak kementerian juga mempunyai cara lain untuk mengantisipasi kemacetan di Jakarta. Salah satunya adalah dengan melakukan distribusi mobil yang merata di Indonesia dan tidak hanya terpusat di Jabodetabek.

Namun untuk mengatasi kemacetan yang semakin parah di Jakarta, Hidayat mengaku saat ini belum bisa melakukan pembatasan penyebaran mobil moratorium seperti di Singapura. Pihaknya hanya bisa meningkatkan ekspor komponen mobil Indonesia.

"Pembatasan mobil belum, kami membuat target ekspor meningkat menjadi 32 persen dari produksi, sekarang baru 14 persen. Saya harus membantu ini," harapnya. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menteri Jero Wacik Tertarik Ide Ahok

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler