Menpora: Kobarkan Semangat, Kumandangkan Indonesia Raya di Singapura

Sabtu, 06 Juni 2015 – 09:44 WIB
Menpora Imam Nahrawi (kedua dari kanan) bersama rombongan termasuk Menteri Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dan Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri saat tiba di Bandara International Changi, Singapura, Jumat (5/6). FOTO: ist

jpnn.com - SEA Games 2015 di Singapura resmi dibuka di Singapura National Stadium, Jumat (5/6) malam. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi meminta para atlet Indonesia untuk terus mengobarkan semangat dan berjuang maksimal untuk mengharumkan nama bangsa pada pesta olahraga se-Asia Tenggara ini.

“Kepada semua atlet, pelatih dan ofisial tim saya doakan kalian semua bisa bertanding memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Jaga terus semangat dan jaga kondisi untuk tetap fit pada saat pertandingan. Hindari hal-hal bisa menjadi kendala bagi pencapaian target," kata Menpora yang datang ke Singapura untuk memberikan dukungan semangat kepada kontingen Indonesia sekaligus menghadiri acara pembukaan SEA Games 2015.

BACA JUGA: No Tiongkok di Semifinal Tunggal Putra

Menpora tiba di Singapura bersama bersama rombongan termasuk Menteri Korinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani tiba di Bandara International Changi, Singapura, Jumat (5/6/2015) siang. Kedatangan Menpora disambut oleh Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Andri Hadi, Ketua Umum KOI Rita Subowo dan Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora, Djoko Pekik Irianto.

Pada SEA Games yang akan berlangsung hingga 16 Juni mendatang, Indonesia akan mengikuti 32 cabang olahraga dengan jumlah 522 atlet, 226 ofisial dan total keseluruhannya mencapai 748 orang. Menpora berharap para atlet nasional bisa mengumandangkan lagu Indonesia Raya di Singapura, sesering mungkin. Artinya, atlet Indonesia diharapkan dapat mendulang banyak emas, karena raihan perak dan perunggu tidak cukup untuk bisa mengumandangkan lagu kebangsaan saat mengiringi pengibaran bendera.

BACA JUGA: Tumbangkan Jagoan Tuan Rumah, Wawrinka ke Final

Menpora menegaskan bahwa ajang SEA Games 2015 menjadi bahan evaluasi dan konsolidasi bagi pembinaan olahraga di tanah air. Terutama menghadapi Olimpiade 2016 dan persiapan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. "Hasil yang diraih pada ajang SEA Games 2015 ini hendaknya disikapi semua pihak, untuk kemudian menentukan kebijakan pembinaan dan pelatihan jangka panjang," tambah Cak Imam, sapaan akrab Imam Nahrawi.

Pada kesempatan ini, Menpora juga memastikan bahwa pemerintah sudah menyiapkan bonus bagi peraih medali SEA Games ke-28 ini sebagai bentuk apresiasi. Bahkan, pencairan bonus bagi peraih medali tersebut akan diberikan secepat mungkin atau tidak akan terlambat.  "Saya akan pastikan bonus bagi atlet peraih medali SEA Games 2015 tidak telat," tegas tokoh PKB ini.

BACA JUGA: Mercedes Berjaya di Latihan Pertama

Menurut Menteri asal Bangkalan Madura ini, apresiasi yang diberikan kepada atlet merupakan kewajiban dari pemerintah kepada siapapun yang telah mengharumkan nama bangsa dan negara. Adapun besaran bonus yang diberikan, paling tidak akan sama dengan yang diberikan sebelumnya.

“Bonus merupakan bentuk apresiasi dan tambahan motivasi. Namun demikian, para atlet tidak terlalu memikirkannya. Yang paling penting adalah fokus pada pertandingan, berjuang penuh semangat dan memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara,” tambah Menpora.(adv)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aji: Kamboja Andalkan Kekompakan Tim


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler