Menpora Masih Koordinasi dengan Presiden soal Bonus Atlet Olimpiade Paris

Sabtu, 10 Agustus 2024 – 17:59 WIB
Lifter putri Nurul Akmal akan menjadi pejuang terakhir Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Foto: REUTERS/EDGARD GARRIDO

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengatakan bonus untuk para atlet Olimpiade Paris 2024 masih dibahas.

Termasuk soal besaran bonus bagi para atlet, baik itu peraih mendali atau tidak.

BACA JUGA: Soal Bonus Atlet Olimpiade Paris 2024, Begini Respons Kemenpora

"Bonus peraih medali olimpiade masih dikomunikasikan oleh Menpora Dito Ariotedjo kepada Bapak Presiden Joko Widodo. Angka-angka yang beredar di masyarakat masih sebatas asumsi merujuk pada besaran bonus Olimpiade Tokyo," ujar Staff Khusus Menpora bidang Peningkatan prestasi dan pengembangan industri olahraga, Ardima Rama Putra, Sabtu (10/8/2024).

Diketahui, pada Olimpiade Tokyo 2020, besaran bonus yang diterima oleh atlet peraih emas adalah Rp 5,5 miliar.

BACA JUGA: Live Streaming Final Voli Putra Olimpiade Paris 2024 Prancis Vs Polandia, Cek Daftar Pemain

Sedangkan peraih medali perak mendapat Rp 2,5 miliar, dan peraih medali perunggu mendapat Rp1,5 miliar. Atlet yang ada dalam kontingen dan tak mendapat medali mendapatkan dana sebesar Rp 100 juta.

Terkait nominal yang akan diberikan untuk atlet Olimpiade Paris 2024, pemerintah masih membahas nominalnya.

BACA JUGA: Olimpiade Paris 2024: Tola Pecahkan Rekor Lari Maraton Putra, 2 Jam 6 Menit 26 Detik

“Tentunya besaran pastinya masih menunggu arahan bapak presiden, karena kebijakan ada di Bapak Presiden," katanya.

Kemenpora siap memproses segala kebutuhan administrasi dan kelengkapan lainnya. Sehingga, proses pencairan bonus bisa segera dinikmati atlet.

"Kami dari kemenpora hanya mempersiapkan segala hal yang bersifat administratif untuk mempercepat proses cairnya bonus tersebut," ujarnya.

Kemenpora mengapresiasi semua perjuangan atlet Indonesia di Olimpiade. Baik yang mendapatkan medali atau tidak, mereka sudah mengaharumkan nama Indonesia.

"Sekali lagi kemenpora mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat sehingga bisa mencapai prestasi yang baik di Olimpiade Paris 2024," ujarnya.

Seperti yang diketahui peraih medali emas pada Olimpiade Paris 2024 adalah Veddriq Leonardo (panjat tebing) dan Rizki Juniansyah (angkat besi). Kemudian, Gregoria Mariska Tunjung (bulu tangkis) mendapatkan medali perunggu.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah akan memberikan bonus bagi para atlet yang berhasil meraih medali di Olimpiade Paris 2024.

"Nanti dibicarakan, yang jelas pasti ada bonus," kata Presiden memberikan keterangan pers usai acara penyerahan SK TORA dan Peninjauan Expo Festival LIKE 2 di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, Jumat (9/8).(dkk/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler