Mensos Gus Ipul Terima Penghargaan Jer Basuki Mawa Bea Emas dari Pemprov Jatim

Sabtu, 12 Oktober 2024 – 23:55 WIB
Menteri Sosial Saifullah Yusuf atau Mensos Gus Ipul menerima penghargaan Jer Basuki Mawa Bea Emas pada peringatan HUT ke-79 Jawa Timur yang digelar di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (12/10). Foto: Dokumentasi Humas Kemensos

jpnn.com, SURABAYA - Menteri Sosial Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menerima penghargaan Jer Basuki Mawa Bea Emas pada peringatan HUT ke-79 Jawa Timur yang digelar di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Sabtu (12/10).

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) atas baiknya tata kelola pemerintahan yang selama ini telah dilaksanakan oleh Gus Ipul.

BACA JUGA: Mensos Gus Ipul Ajak Para Stakeholder Revitalisasi Panti Asuhan

“Ini satu hal yang tidak saja membuat saya terharu, tapi ini juga motivasi bagi kami untuk berbuat lebih banyak dan lebih baik ke depan,” ungkap Mensos Gus Ipul usai upacara peringatan Hari Jadi ke-79 Jawa Timur  itu.

Tak terhenti di Pasuruan, upaya tata kelola pemerintahan itu juga dijalankan di Kementerian Sosial yang saat ini tengah dipimpin oleh Gus Ipul.

BACA JUGA: Kunjungi Semarang, Mensos Gus Ipul Pastikan Program Makan Bergizi Tepat Sasaran

Sejak menjabat sebagai Menteri Sosial pada 11 September 2024 lalu, Gus Ipul bergerak cepat untuk membuat Kemensos lebih baik.

Salah satu upaya yang dilaksanakan Gus Ipul ialah mengimbau pemerintah daerah untuk segera mengupdate data dinamis seperti kelahiran, kematian dan perpindahan domisili agar distribusi bansos tepat sasaran.

BACA JUGA: Serahkan Bantuan Rp 29 Miliar Lebih di Ambon, Mensos Gus Ipul Sampaikan Hal Ini

Mensos Gus Ipul juga memperkuat kolaborasi dengan stakeholder dalam pemenuhan hak-hak masyarakat rentan seperti lansia, disabilitas, anak dan kelompok rentan lainnya.

Selain hal-hal di atas, Mensos Gus Ipul juga memperkuat kerja sama dengan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota dalam perencanaan, pelaksanaan hingga pemantauan kesejahteraan sosial di seluruh Indonesia.

Salah satu upaya nyata yang telah ditempuh ialah menutup Panti Asuhan Darussalam An-Nur di Tangerang yang belum berizin dan telah melakukan pelanggaran.

Ia pun segera mengajak pemerintah daerah untuk mendata ulang seluruh Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) di seluruh Indonesia agar pemerintah bisa memberikan pengawasan pada penyelenggaraan kesos di LKS tersebut.

Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono memberikan apresiasi terhadap kinerja maksimal Gus Ipul yang selalu diterapkan di manapun ia mengabdi, khususnya di Jawa Timur.

"Gus Ipul tentu mulai dari Menteri Desa, Wagub, Menteri Sosial dan Sekjen NU, itu semua tercurahkan untuk Jatim lebih baik. Untuk itu, pantas sekali kami berterima kasih kepada tokoh-tokoh yang sudah membesarkan Jatim, berkontribusi untuk Jatim menjadi lebih maju," ungkap Adhy. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler