Mensos Raih Penghargaan ‘Sosok Inspiratif dalam Tangani Covid’, AMMI Beri Apresiasi

Kamis, 03 Desember 2020 – 16:31 WIB
Mensos Juliari Peter Batubara. Foto: Humas Kemensos RI.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Aliansi Mahasiswa dan Milenial Indonesia (AMMI) Nurkhasanah mengapresiasi prestasi yang diraih oleh Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara.

Di mana mensos mendapat penghargaan sebagai menteri terpopuler di media sosial (medsos) dalam ajang Apresiasi Humas Indonesia (AHI) 2020.

BACA JUGA: Kemensos Salurkan Rp1,7 miliar untuk Tangani Erupsi Gunung Merapi

Juliari menerima penghargaan 'Dedikasi dan Pengabdian Tanpa Batas', dalam kategori: 'Sosok Inovatif Peningkatan Kesejahteraan melalui Program Jaring Pengaman Sosial'. Penghargaan tersebut didapatkan dalam ajang Gatra Awards 2020, Selasa (1/12).

“AMMI sangat mengapresiasi berbagaiprestasi yang diraih Menteri Sosial Juliari P. Batubara. Sebagai tokoh muda, beliau benar-benar mampu memberikan teladan dan kebanggaan buat kami, mahasiswa dan milenial Indonesia,” kata Nurkhasanah di Jakarta, Kamis (3/12).

BACA JUGA: Nilai Kelakuan Maia Estianty, Anang Hermansyah: Dia Lahir Harusnya Laki, Bukan Perempuan

Menurut Nurkhasanah, beragam prestasi yang ditorehkan Mensos selama ‘hanya’ satu tahun kepemimpinannya di Kementerian Sosial, menunjukkan bahwa tokoh muda pun mampu menunjukkan kepeloporan dan achievement yang tinggi.

Hal itu menunjukkan bahwa memang tokoh-tokoh muda sudah selayaknya dipercaya dan diberikan tanggung jawab yang menantang peran serta dan sikap amanah mereka.

BACA JUGA: Mensos Bersilaturahmi dengan Tokoh dan Pegiat Hak Penyandang Disabilitas

“Prestasi Pak Mensos Juliari membuktikan bahwa para pemuda, kader bangsa ini, mampu berprestasi. Jadi tak perlu lagi ada keraguan kepada yang muda-muda. Beri kami kepercayaan, maka kami akan menuntaskan segala persoalan bangsa ini, mungkin dengan cara-cara yang lebih kreatif sebagaimana dilakukan Pak Mensos,” kata Nurkhasanah.

Kemensos senantiasa terlihat aktif dan penuh kreasi melakukan langkah-langkah terobosan dan inovasi dalam penanganan pandemi.

Kemensos juga mengaktifkan dapur umum di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata Jakarta.

Dapur Umum yang didukung 150 personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) itu memproduksi 6 ribu porsi makanan siap saji, yang kemudian didistribusikan untuk pekerja informal di DKI Jakarta yang terdampak karena pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta.

“Bantuan sembako dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka selama belum ada bantuan resmi dari pemerintah pusat. Bantuan ini juga menunjukkan bahwa negara hadir di tengah-tengah bencana sejalan dengan tagline #KemensosHADIR,” kata Mensos.

Jualiari mengakui, sejalan dengan kebijakan nasional dalam penanganan Covid-19, pemerintah pusat memberikan dukungan anggaran kepada Kemensos yang terus meningkat.

Apresiasi AMMI memang tidak berlebihan. Kemensos selama ini juga melakukan inovasi dengan menyederhanakan prosedur, sehingga bansos tersalur cepat dan tepat sasaran, dan melakukan terobosan.

Seperti pada Program Sembako/BPNT, KPM menerima pencairan bantuan setiap bulan dari sebelumnya per-3 bulan.

Kemensos juga melakukan terobosan dengan salur Bansos Sembako ke komunitas, untuk memastikan kelompok-kelompok masyarakat yang belum terjangkau bantuan bisa mendapatkan bantuan.

Wajar bila apresiasi datang dari banyak kalangan. Tidak hanya dari Majalah Gatra dan kalangan Perhumasan melalui AHI, Kemensos pun mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak.

Lembaga survei Alvara Research Center, Charta Politica, Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan juga lembaga survei lainnya juga menyatakan, kinerja Kemensos dinilai memuaskan dan bansos semakin tepat sasaran, ada kepuasan dan terus meningkat.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler