Mental Juara Erick Perlu Diadaptasi Parpol Demi Membangun Bangsa

Selasa, 23 Mei 2023 – 23:32 WIB
Menteri BUMN yang juga Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pakar Psikologi Prof Suryanto menyebut mental juara yang selama ini digaungkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir bisa diadaptasi oleh partai politik untuk membangun bangsa Indonesia ke depannya.

Dia menyatakan dengan diterapkannya mental juara, kader-kader parpol yang mengemban jabatan publik dapat bertransformasi sebagai pengayom masyarakat secara utuh dan tidak terkekang sebagai petugas partai.

BACA JUGA: Pakar Sebut Erick Thohir Punya Modal untuk Membangun Bangsa

“Mental juara yang disampaikan Erick di SEA Games kemarin, seharusnya bisa diimplementasikan ke partai politik. Sehingga nantinya kader-kader yang akan menjadi pemimpin nasional lebih mengutamakan kepentingan masyarakat dan negara,” ujar dia dalam siaran persnya, Selasa (23/5).

“Pemimpin nasional nantinya bukan lagi semata-mata menjadi petugas partai. Tetapi sebagai petugas masyarakat Indonesia," imbuhnya.

BACA JUGA: BUMN dan PSSI, Jadi Bukti Keberhasilan Kepemimpinan Erick Thohir

Erick Thohir terus menggaungkan mental juara harus dimiliki oleh bangsa Indonesia agar bisa bersaing di pentas internasional.

Mentalitas juara ini sudah terbukti berhasil diterapkan oleh pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi tersebut di Kementerian BUMN dan PSSI.

BACA JUGA: Punya Daya Tawar Elektoral Besar, Erick Thohir Cocok Berduet dengan Prabowo

Di PSSI, dorongan psikologis mental juara Erick Thohir berhasil mendorong Timnas Sepak Bola U-22 Indonesia meraih medali emas di ajang SEA Games 2023.

Sedangkan di Kementerian BUMN, mental juara yang diterapkan oleh Eks Presiden Inter Milan ini terus mendorong perusahaan – perusahaan pelat merah menjadi lebih berprestasi.

Prestasi ini terbukti dengan kenaikan laba konsisten setiap tahunnya dan dividen terbesar sepanjang sejarah. Di mana laba Kementerian BUMN dari Rp 13 triliun di tahun 2020 menjadi Rp 124,7 triliun di 2021.

Kemudian angka ini kembali meningkat hingga menyentuh Rp 303,7 triliun di tahun 2022.

Bersamaan dengan itu, dividen Kementerian BUMN kepada negara mencetak rekor terbesar sepanjang sejarah yakni di angka Rp 80,2 triliun.

Berdasarkan hal tersebut, Prof Suryanto pembentukan mental juara dari Erick Thohir dapat diterapkan ke berbagai sektor kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain itu, ia melihat mental juara yang disampaikan Erick Thohir ideologi sebenarnya dalam Pedoman Penghayatan Dan Pengamalan Pancasila (P4).

Ideologi P4 tersebut memiliki nilai adiluhur bangsa Indonesia. Seperti memiliki jiwa tidak mudah disuap, kedisiplinan, memberikan contoh keteladanan dan memiliki integritas tinggi.

Pemimpin yang memiliki jiwa adi luhur, menurut Suryanto merupakan modal utama untuk pemimpin nasional yang dapat membawa Indonesia menjadi negara yang maju dan dapat berkompetisi di kancah global.

“Nilai adi luhur yang disampaikan Erick Thohir bisa menciptakan keteladanan pemimpin yang baik. Keteladanan pemimpin ini modal membangun bangsa,” kata dia.

Dia menambahkan bahwa penerapan mental juara Erick Thohir tak hanya di sektor olahraga semata.

“Dengan program yang jelas, berkelanjutan dan keteladanan pemimpin, mental juara ini bisa diaplikasikan ke berbagai sektor," pungkas dia. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tren Dukungan untuk Erick Thohir jadi Cawapres Meningkat Gegara ini


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler