Mentan SYL Bawa Perubahan Signifikan Sektor Pertanian

Sabtu, 28 November 2020 – 19:19 WIB
Syahrul Yasin Limpo. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Politikus Irma Suryani Chaniago mengapresiasi Kementerian Pertanian (Kementan) yang pekan ini menerima sejumlah penghargaan, termasuk dari Komisi Informasi Pusat (KIP) serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB).

Bahkan sebelumnya Kementan telah meraih berbagai penghargaan bergengsi dari sejumlah pihak. 

BACA JUGA: Kementan Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik Dari Kemenpan-RB

Menurut Irma, pengharagaan tersebut adalah bukti bahwa kepemimpinan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) di Kementan telah membawa berbagai perubahan yang signifikan.

"Pertanian di era SYL mampu mempertahankan ketahanan pangan di tengah suasana pendemi (Covid-19). Sektor pertanian tidak terganggu bahkan paling baik dari sektor lain. Pak, SYL adalah menteri yang membawa perubahan signifikan," kata Irma di Jakarta, Sabtu (28/11).

BACA JUGA: Alhamdulillah Stok Beras Melimpah, Mentan SYL: Terima Kasih Para Petani

Irma mengatakan, sejauh ini SYL berhasil menghidupkan kembali program-program strategis yang memperkuat ekonomi nasional.

Irma mencontohkan SYL secara serius terus membangun irigasi dan menyediakan embung secara masif.

BACA JUGA: Tindaklanjuti Arahan Presiden Jokowi, Mentan SYL Resmikan Vertical Dryer di Sulsel

“Ini salah satu solusi dari problem persawahan kita yang banyak kekurangan air sehingga sebagian hanya mampu panen sekali setahun. Namun di bawah SYL, embung dan irigasi diperbanyak, begitu juga dengan validasi data yang terus diperbaiki," katanya.

Karena itu, Irma berharap Kementan ke depan membuka akses pupuk subsidi, alsintan, bibit dan benih berkualitas secara lebih luas lagi agar kebutuhan petani yang tengah berproduksi terus terpenuhi.

"Harapan saya ke depan petani makin mudah mengakses kebutuhan pertanian khususnya terkait subsidi alsintan dan bibit agar hasil produksi petani makin maksimal," ujarnya.

Sebagai informasi, Kementan baru saja dianugerahi sebagai kementerian terbaik peringkat 1 dalam mengelola informasi dan komunikasi publik.

Penghargaan ini diberikan KIP setelah melalui serangkaian proses penelitian panjang sekaligus monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik 2020.

Hasilnya, Kementan menepati posisi pertama dengan nilai yang cukup tinggi, yakni 97,99.

Penghargaan ini melengkapi capaian Bidang Kehumasan Kementan yang sebelumnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) juga menetapkan Kementan sebagai kementerian terbaik dalam mengelola informasi dan komunikasi publik.

Ketetapan tersebut melalui serangkaian proses penelitian oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi Komunikasi Publik (Puslitbang Aptika dan IKP
Kominfo) selama 2019.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri menyampaikan terima kasih atas perhatian semua pihak terhadap kinerja seluruh jajaran Kementan.

Kuntoro mengatakan bahwa pihak ke depan akan lebih meningkatkan lagi komunikasi antarlembaga negara dan kementerian lain.

"Dalam hal ini saya menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Semoga ke depan kami bisa bekerja lebih baik dan mampu mengomunikasikan semua program di Kementan kepada masyarakat dan pemangku kebijakan dengan lebih cepat dan efektif," tutupnya. (eno/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler