Menteri Andalan, Erick Thohir Dinilai sebagai Sosok Penerus Program Pro Rakyat Jokowi

Rabu, 16 Agustus 2023 – 15:59 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir soal utang PT Istaka Karya. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir dinilai sebagai calon wakil presiden (cawapres) mumpuni untuk melanjutkan program-program Pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Eks presiden Inter Milan itu disebut menjadi menteri andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi di pemerintahan.

“Erick Thohir dikenal sebagai tokoh yang dekat dan akrab dengan Jokowi,” kata Peneliti Senior Lembaga Survei Jakarta (LSJ) Fetra Ardianto dalam keterangan tertulis, Rabu (16/8).

BACA JUGA: Oknum Pegawai KAI Terlibat Kasus Terorisme, Erick Thohir Merespons Begini, Tegas

Fetra mengungkapkan, Erick Thohir memang menjadi salah satu menteri terbaik dan kepercayaan Presiden Jokowi di berbagai kesempatan.

Erick Thohir juga banyak mengemban penugasan strategis dari Presiden Jokowi, dan tugas itu selalu dilakukannya dengan penuh keberhasilan.

BACA JUGA: Persija & PSM Tidak Lepas Pemainnya ke Timnas U-23 Indonesia, Erick Thohir Bilang Begini

Erick Thohir menjadi kepercayaan Presiden Jokowi menggelar acara kenegaraan yang bersifat domestik maupun internasional. 

Ketum PSSI ini bahkan juga menerima kepercayaan dari Presiden Jokowi untuk menggelar acara yang bersifat personal, seperti pernikahan Kaesang Pangarep bersama Erina Gudono di Kota Solo.

BACA JUGA: Eko Patrio Membela Erick Thohir yang Diserang Gegara Pegawai KAI Teroris

Kemudian, Erick Thohir sebagai menteri BUMN juga banyak menorehkan tinta emas keberhasilan sejak 2019 silam.

Erick Thohir terbukti berhasil meningkatkan perolehan laba setiap tahun, meningkatkan kontribusi kepada negara, memberantas korupsi, dan melakukan transformasi perusahaan-perusahaan BUMN.

Erick Thohir juga merupakan sosok yang dipercaya Presiden Jokowi dalam upaya penyelamatan dunia sepak bola tanah air. Hal itu jelas terlihat kala tragedi Kanjuruhan pecah, Presiden Jokowi langsung mengutus Erick Thohir untuk bernegosiasi bersama FIFA agar tidak menjatuhkan sanksi berat kepada Indonesia.

Selain memiliki torehan manis di Kementerian BUMN dan PSSI, Erick Thohir juga terus berupaya untuk meningkatkan perekonomian di kalangan akar rumput.

Salah satu strategi yang dijalankan Erick Thohir adalah menggenjot program KUR, Mekaar dan juga Makmur yang berjalan hingga saat ini.

Maka dari itu, Fetra meyakini Erick Thohir ialah sosok paripurna untuk menjadi ccawapres pada Pilpres 2024 mendatang untuk melanjutkan program-program yang sudah digagas oleh Presiden Jokowi.

Kedekatan dan keakraban yang terlihat di masyarakat, kata Fetra, menjadi sinyal jika Erick Thohir ialah sosok tepat untuk melanjutkan berbagai macam program Presiden Jokowi.

“Kedekatan tersebut tentu harus terus berlanjut baik, sehingga sangat ada kecenderungan nantinya Erick Thohir untuk melanjutkan berbagai program Jokowi apabila terpilih di 2024 nanti sebagai cawapres,” pungkas Fetra. (boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler