Menteri Basuki Sedih Lihat Kerusakan Taman Stadion GBK

Senin, 19 Februari 2018 – 17:44 WIB
Taman di Kawasan Stadion Gelora Bung Karno rusak usai pertandingan final Piala Presiden 2018. Foto: amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono mengatakan, 80 persen taman yang berada di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) rusak parah pascapertandingan pamungkas Piala Presiden antara Persija melawan Bali United.

Kerusakan itu diakibatkan tindakan anarkistis Jakmania, suporter Persija.

BACA JUGA: Anies Baswedan: Boleh Nulis, Tapi Jangan Bikin di Tembok

"Tamannya dari 4,8 hektare taman, 80 persen memang rusak. Ada empat pohon besar juga yang roboh karena mereka naik, dinaiki oleh para suporter," kata Basuki usai rapat koordinasi evaluasi pelaksanaan 2018 Asian Games di Gedung Wisma Serbaguna, Gedung INASGOC, Jakarta, Senin (19/2).

Basuki mengaku sudah melihat kondisi Stadion GBK tadi pagi. Mengenai kondisi kursi stadion, Basuki melihatnya masih dalam kondisi bagus.

BACA JUGA: Pemeriksaan Empat Lapis Bikin Penonton Tenang

"Hanya panel disable untuk membatasi disable dengan lapangan. Pintu Tujuh dan Sembilan yang agak sedikit rusak, itu di pintu Sembilannya. Satu minggu, kami akan selesaikan dan anggarannya tidak lebih dari Rp 150 juta," kata Basuki.

Mengenai kondisi Stadion GBK, Basuki mengaku menyesali tindakan suporter yang tidak bertanggung jawab atas fasilitas negara. Suporter juga tidak melihat bahwa negara tengah mempersiapkan diri untuk melaksanakan Asian Games 2018.

BACA JUGA: Calo Tiket Bertebaran Jelang Laga Indonesia vs Islandia

"Sekarang ada kerusakan, itu yang menyedihkan saya. Kenapa itu bisa terjadi. Itu uang pajak semua, jadi justru perilaku itu yang ke depannya harus kami antisipasi," kata dia.

Meski demikian, Basuki mengaku, kerusakan tersebut tidak akan memengaruhi pemerintah dalam menyelesaikan sejumlah proyek Asian Games. Menurutnya, semua jadwal sudah sesuai dengan jadwal. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Timnas Indonesia vs Islandia, Tiket via Online Laris Manis


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler