Menunggu Ketegasan Komdis

Putuskan Permasalahan di Kompetisi

Senin, 30 April 2012 – 07:33 WIB

JAKARTA-Komisi disiplin (Komdis) PSSI akan kembali menyidangkan beberapa protes dan pelanggaran disiplin di kompetisi sepak bola tanah air. Hari ini, Gresik United (GU) akan diberi kesempatan terakhir untuk dimintai keterangan dalam sidang.

"Kami ada beberapa agenda siding hari ini. Salah satu yang jadi perhatian tentang GU. Mereka sudah beberapa kali tidak datang dimintai keterangan soalnya," kata Wakil Ketua Komdis PSSI, Catur Agus Saptono, kemarin (29/4).

Kasus GU ini menurut Catur sangat penting untuk segera terselesaikan karena ditakutkan mengganggu kompetisi. Apalagi, selama ini GU kerap tidak melaksanakan kewajiban untuk melakoni pertandingan baik di kandang maupun tandang sesuai jadwal.

Karena itu, seandainya GU tidak lagi datang, dirinya akan langsung meminta pertimbangan kepada peyelenggara kompetisi, PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS). Jika sudah tak mampu melanjutkan kompetisi, lanjut Catur, maka sanksi berat akan menanti.

"Kami akan lihat dulu. Cuma, dari konfirmasi terakhir, pak Ali (Ali Mukhid, Manajer GU ) katanya siap datang. Mungkin masalah internal mereka sudah selesai," ujar Catur.
Selain masalah GU, Komdis juga akan menyidangkan PS Bengkulu terkait statusnya di kompetisi Divisi Utama. Sebab, mereka selama ini juga bersikap seperti GU.

Masalah pelik lainnya yang akan disidangkan adalah terkait kepemimpinan wasit. Sidang itu berdasarkan kepada protes Pro Duta saat dikalahkan oleh tuan rumah Persikabo Bogor 0-1 pada 15 April lalu. "Merek aprotes wasit yang tiba-tiba membatalkan gol yang diciptakan Pro Duta. Padahal sebelumnya sudah menyatakan gol," terangnya.

Karena itu, besok pihaknya akan memanggil pengawas pertandingan dan beberap pihak lainnya yang terkait untuk dimintai keterangan. Jika memang cukup berat, maka pihaknya siap mengistirahatkan wasit yang bersangkutan untuk sementara.

Terkait dengan banyaknya protes yang terjadi akibat kepemimpinan wasti yang kurang, Catur berharap pengelola kompetisi juga bisa menilai wasit. Jika memang ada kesalahan, Pihaknya siap untuk mengambil langkah tegas.

"Selain wacana wasit asing, komdis juga siap memberikan sanksi . bisa saja di-gorunded jika memang parah," tegasnya.

Kendati demikian, lambatnya pengambilan keputusan dari Komdis ini juga patut disayangkan. Kredibilitas komisi yang diketua Bernhard Limbong tersebut diuji karena selama ini kerap menunda keputusan.(aam)

Agenda Sidang Komdis hari ini
Sidang Status PS Bengkulu dan GU
Laporan Persikasi Bekasi terkait wasit dalam laga PSBL Bandar Lampung v Persikasi (Divisi Satu)
Protes Pro Duta FC terkait pembatalan gol
BACA ARTIKEL LAINNYA... Chelsea Beli Marko Marin dari Bremen


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler