Menyambut Kelahiran Sang Legenda Suzuki Katana

Rabu, 03 Oktober 2018 – 08:25 WIB
Suzuki Katana dirilis di Intermot, Jerman. Foto: Suzuki/JPNN.com

jpnn.com, JERMAN - Selubung dari sosok sepeda motor bernama Katana akhirnya terbuka di lantai Intermot, Cologne, Jerman.

Tak sekadar membawa nama legendaris, Suzuki juga mempertahankan tampilannya yang populer sejak 1981, namun tetap dinikmati dengan gaya desain kekinian.

BACA JUGA: Pindah Lokasi, Dealer Suzuki Cirebon Semakin Besar

Suzuki Katana generasi terbaru lahir dari perancang terkenal Rodolfo Frascoli dan dibangun oleh Engines Engineering.


Suzuki Katana

BACA JUGA: Kejutan Naked Bike Honda di Intermot 2018

Membawa isyarat desain ke era modern. Lampu depan persegi serta gaya lampu belakang yang meruncing dengan bokong pendek, lampu semua LED.

Tarikan garis bodi tajam dan fairing minimalis, modern tapi masih mengesankan sudut-sudut retro. Bentuk jok hampir berkonsep pengendara tunggal. Tinggi jok 825 mm.

BACA JUGA: Suzuki Ertiga Terbaru Mulai Melaut Ke 22 Negara

Meskipun terinspirasi dari legenda 80-an, Katana baru didukung pengerjaan dari teknik modern secara keseluruhan.

Bodi ditopang rangka aluminium yang sama digunakan pada GSX-S1000, sehingga klaimnya Katana tetap lincah dan kinerja yang unggul. Bobot bingkai dikatakan sama ringannya dengan bingkai milik GSX-R1000 saat ini.

Soal tenaga, Suzuki Katana didukung mesin 4-silinder segaris yang terkenal pernah hidup di motor legendaris lain Suzuki - GSX-R1000 K5, tetapi Katana merevisi dan dimodernisasi untuk kinerja on-road.


Suzuki Katana

Secara keseluruhan, mesin 999 cc long stroke (73.4mm x 59.0mm) dikenal memiliki torsi dan tenaga di putaran tengah dan top-end. Di atas kertas, Katana mampu menyemburkan tenaga hingga 150 hp pada 10.000 rpm dan torsi puncak 108 Nm pada 9.500 rpm.

Pengendaliannya juga dibantu sejumlah fitur, salah satunya sistem kontrol traksi tiga mode guna menyesuaikan kondisi cuaca. Sistem bisa dikontrol lewat LCD baru, beserta ragam informasi lain. (mg8/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Suzuki Siapkan Skuter Listrik Setara Motor 125 cc


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler