Merasa Gagal, Manajer PSSI Siap Mundur

Selasa, 04 Desember 2012 – 04:44 WIB
Ketua Umum PSSI Djohar Arifin bersama pemain Timnas Diego Michiels dan Manajer Timnas Habil Marati dalam sebuah kesempatan. Foto: JPPhoto
JAKARTA - Kegagalan di Piala AFF 2012 membuat manajer Timnas Habil Marathi sadar diri. Dia menegaskan siap mundur dan tidak bersedia untuk menjadi manajer Timnas yang akan tampil di Kualifikasi Piala Asia 2015.

Menurut Habil, kegagalannya di Piala AFF dinilai sudah cukup menjadi pengalaman. Dia menilai, untuk Level Piala Asia yang lebih tinggi dari AFF, manajer yang dipilih oleh PSSI benar-benar harus orang yang mumpuni.

"Saya siap mundur. Kalau PSSI tidak lagi menunjuk saya.. oke. Kalau Piala Asia saya belum pantas, harus ada orang lain yang lebih siap dan layak menjadi manajer karena ini lebih tinggi," ujarnya saat ditemui di kantor PSSI, Senin (3/12).

Meski demikian, mantan anggota DPR RI tersebut siap untuk membawa manajer baru yang menurutnya lebih siap untuk mendampingi Timnas ke Piala Asia. Habil menyebut orang yang akan dibawanya nanti adalah seorang pengusaha besar yang memliki kecintaan pada sepak bola."Orang yang saya bawa ini layak. Tapi saya belum bisa umumkan dulu, nunggu bagaimana PSSI," terangnya.

Lantas bagaimana dengan lapiran pertanggung jawaban (Lpj) Habil? Dia menegaskan telah menyerahkan laporannya sebagai manajer. Atas kegagalan di Piala AFF, habil berkemsimpulan bahwa itu terjadi karena Timnas tak memliki waktu yang cukup beradaptasi.

Selain itu, dia menyebut faktor utama penampilan Timnas yang kurang maksimal adah jam terbang yang kurang. Terlebih, beberapa pemain rata-rata adalah pemain baru yang dipanggil di Timnas dan masih minim penglaman bertanding Internasional.

Untuk itu, dia berharap PSSI bisa segera bersiap lebih dini menjelang kualifikasi Piala Asia yang dimulai Februari 2013 nanti. Bagi dia, sebelum Januari PSSI sudah harus mempersiapkan dan memilih ofisial serta manajemen yang mumpuni.

"Pemainnya perlu ditambah, harus qualified. Kalau pelatih sudah bagus, tapi itu bergantung PSSI, apakah akan da pergantian atau tidak," terang lelaki asal Kendari, Sulawesi Tenggara, itu.

Sementara itu, mengenai keputusan Habil ini, PSSI masih belum mengumumkan kapan pelaksanaan evaluasi Timnas. Komite Timnas PSSI, Bob Hippy, menjelaskan masih menunggu ada pembicaraan lebih lanjut dengan timnya. "Kami akan segara evaluasi. Semua hal, termasuk membicarakan PSSI ke depan. Itu akan kami lakukan secepatnya," ujar mantan pemain Nasional era 60-an tersebut. (aam)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Gagal Atasi Konflik, Menpora Tunggu Arahan AFC

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler