Merespons Prabowo, Hasto Bicara Cita-Cita Bung Karno Merombak Sistem Internasional yang Anarkis

Senin, 13 Mei 2024 – 17:13 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menganggap wajar Presiden terpilih RI periode 2024-2029 Prabowo Subianto berbicara Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno milik seluruh rakyat.

Hasto bahkan menganggap Bung Karno punya warga dunia, karena Putra Sang Fajar punya cita-cita besar dalam merombak sistem internasional yang anarkis dan menentang segala bentuk penindasan di dunia.

BACA JUGA: Teruntuk Prabowo, Hasto Sebut PDIP Paling Konsisten Menjabarkan Gagasan dan Cita-cita Bung Karno

Dia berbicara demikian demi menjawab pertanyaan awak media setelah menemani Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri mengunjungi pameran seni di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (13/5).

"Bung Karno bercita-cita untuk merombak sistem internasional yang anarkis menjadi sistem internasional yang mengedepankan kesetaraan antarwarga bangsa, yang menentang berbagai bentuk penindasan dalam seluruh aspek kehidupan, mengedepankan kemanusiaan, keadilan," kata Hasto, Senin.

BACA JUGA: Prabowo Sebut Bung Karno Bukan Milik Satu Partai, Basarah PDIP: Sudah Tepat

Dia mengatakan Bung Karno juga punya pemikiran progresif terhadap masyarakat dunia sehingga wajar Presiden pertama RI dianggap punya seluruh rakyat.

"Bung Karno mengusulkan Pancasila menjadi piagam dari PBB untuk membangun suatu tata dunia yang baru," kata Hasto.

Alumnus Universitas Pertahanan (Unhan) itu menyebutkan PDI Perjuangan sebenarnya menjadi partai yang memiliki kesejarahan kuat dengan Bung Karno.

Menurut Hasto, akar dari PDI Perjuangan adalah PNI yang didirikan Bung Karno dan partai yang sama selalu menggelorakan kemerdekaan Indonesia.

Terlebih lagi, kata dia, PDI Perjuangan secara konsisten menjabarkan ide dan cita-cita Bung Karno dalam kehidupan berbangsa serta bernegara.

"PDI Perjuangan yang paling konsisten di dalam menjabarkan seluruh pemikiran Bung Karno itu khususnya terkait dengan ideologi Pancasila, spirit mewujudkan Trisakti," kata Hasto.

Namun, katanya, PDI Perjuangan terbuka jika ada pihak atau golongan yang juga merasa sudah melaksanakan atau memperjuangkan cita-cita Bung Karno.

"Sekiranya partai lain juga akan menjalankan hal yang sama dengan PDI Perjuangan, dengan emotional bonding Bung Karno, pemikiran-pemikiran Bung Karno, ya, tentu saja kami welcome," kata Hasto. (ast/jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler