Meriahkan HUT RI, Ribuan Pencinta Sepeda Ontel Bakal Susuri Jalanan Ibu Kota

Senin, 08 Agustus 2022 – 01:07 WIB
Para ontelis berencana menggelar aksi Ontel Cinta Tanah Air (OCTA), bersepeda bersama dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia di Jakarta pada Minggu (14/8/2022). Foto: Dok OCTA

jpnn.com, JAKARTA - Para pencinta sepeda ontel atau biasa disebut Ontelis berencana menggelar aksi Ontel Cinta Tanah Air (OCTA), bersepeda bersama dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia.

Event yang akan digelar pada Minggu (14/8/2022) mendatang, itu akan diikuti puluhan komunitas sepeda ontel.

BACA JUGA: AKP R Ditangkap Polda Kepri, Ini Kasusnya

Di antaranya Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI), Persaudaraan Sepeda Ontel Nusantara (PESONA), Komunitas Ontel Batavia (KOBA), dan Bintaro Ontel Solidarity (BOS).

Bahkan, sejumlah komunitas dari berbagai penjuru Nusantara seperti Bogor, Bandung, Yogyakarta, Lampung, Palembang, dan Sulawesi telah siap ikut meramaikan OCTA.

BACA JUGA: Ada 2 Jenderal di Samping Johan Christy Saat Menerima Kenaikan Pangkat Luar Biasa, Siapa Dia?

Ada juga dari Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga (Padasuka) pimpinan KH Syarif Rahmat.

Tidak hanya para ontelis, OCTA juga akan diramaikan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan beberapa tamu kehormatan lain seperti Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto, dan Kepala Dinas Olahraga Provinsi DKI Jakarta Achmad Firdaus.

BACA JUGA: Kata Pengamat Intelijen Soal Pengungkapan Kasus Brigadir J dan Langkah Kapolri

Para peserta OCTA akan memulai aksi bersepeda mereka dari Plaza Barat Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta sekitar pukul 06.00 WIB.

Setelah itu menuju Mapolda Metro Jaya, lalu melalui Jalan Gatot Soebroto mengarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, kemudian ke makam Pangeran Jayakarta di Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, lanjut ke Kota Tua, hingga finis kembali di area Plaza Barat GBK.

Kiai Syarif Rahmat menuturkan kenapa dia menyukai komunitas sepeda ontel dan mendukung OCTA.

Dia mengatakan telah bergaul dengan banyak orang dan perkumpulan, tetapi kebanyakan dari mereka malah berlomba membesarkan diri saat bertemu, atau bahkan saling menipu, bersaing merebut kesempatan, hingga menggunting dalam lipatan.

"Namun, ada sekelompok orang yang tak memikirkan diri mereka sendiri. Mereka rela berkeringat dan bergerak bersama. Itulah komunitas sepeda ontel, yang tak saling tanya soal biaya, atau nanti pulang bawa apa," ujarnya.

"Mereka memelihara dua unsur yang mulai hilang saat ini, kesederhanaan dan kebersamaan," tambahnya.

Lebih lanjut, Kiai Syarif mendukung penuh event OCTA dengan istilah 'Dengan Sepasang Roda Kita Jaga Kedamaian Nusantara'.

Ketua KOSTI DKI Jakarta Kardi Putro Atmojo mengaku senang dan mendukung event ini.

“Kami jadi terwadahi, sebagai silaturahmi para pengoleksi sepeda tua dan sepeda ontel. Di samping itu, tak bisa dimungkiri ini adalah sarana untuk lebih memupuk rasa cinta Tanah Air karena diselenggarakan dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI,” ujarnya.

Ketua Panitia OCTA Tomi Ari Sudewo mengatakan sepeda ontel dianggap tua atau barang antik, tetapi nilai historisnya sesungguhnya tinggi.
Uniknya, sepeda ontel kini sudah dibuat oleh brand ternama.

"Kami harapkan kegiatan ini juga bisa ikut menciptakan pembauran antar-generasi, karena yang boleh berpartisipasi tak hanya generasi tua, tetapi juga milenial,” ujarnya.

Walau jumlah peserta OCTA sudah sekitar 5.000 orang, yang semuanya ontelis, tetapi bagi ontelis lain yang belum mendaftar masih terbuka kesempatan.

BACA JUGA: Ini Alasan Polri Amankan Ferdy Sambo di Patsus Korps Brimob, Oh Ternyata

Beberapa hadiah menarik disediakan oleh panitia, selain ada dua paket umroh dari Shafwah Holidays bagi yang beruntung mendapatkannya.(dkk/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler