Merunut Sejarah Emas Suzuki Jimny Hingga Generasi Keempat

Senin, 22 Juli 2019 – 19:30 WIB
Suzuki Jimny terbaru meluncur di GIIAS 2019. Foto: Ridha/JPNN.com

jpnn.com, TANGERANG SELATAN - Resmi meluncur di Indonesia, generasi keempat Suzuki Jimny sontak mendapat sambutan yang begitu tinggi. Nilai sejarah Jimny di tanah air ternyata mencatatkan perjalanan panjang dan sangat berkesan.

Suzuki Jimny lebih dari 40 tahun berkiprah di Indonesia, yang dibawa oleh Suzuki Indonesia ternyata begitu dalam menemani keseharian masyarakat.

BACA JUGA: Hyundai Kona Menginspirasi pencinta Modifikasi dari Lantai GIIAS 2019

Ketangguhannya di medan offroad sekaligus nyaman di onroad, menjadi daya tawar yang efektif.

BACA JUGA: Modifikasi Suzuki Jimny di GIIAS 2019, Bikin Tak Berkedip

BACA JUGA: Perbedaan Varian Wuling Almaz, Apa Saja?

Generasi pertama Jimny hadir di Indonesia pada 1979, di mana Jimny dikenal sebagai mobil offroad yang terbukti lincah dan tangguh mengarungi berbagai medan ekstrem.

Selain itu, desain khas dan ikonik serta beragam fitur fungsional, membuat Jimny bisa diterima dengan baik.

BACA JUGA: Mengenal Lebih Dekat New Tanto di GIIAS 2019

“Kami tahu bahwa Jimny punya kenangan yang begitu melekat di konsumen sejak 1979. Terbukti dengan membukukan penjualan sebanyak 130.334 unit sejak tahun 1979 hingga saat ini,” ungkap 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra kepada wartawan di GIIAS 2019, Tangerang Selatan.

“Setiap seri Jimny yang diluncurkan di Indonesia selalu membangkitkan kembali memori yang begitu historis dan fenomenal terhadap mobil legendaris ini. Sebagai bentuk apresiasi kami terhadap pecinta Jimny di Indonesia, di GIIAS 2019 kami meluncurkan Jimny generasi keempat.”

Jimny generasi pertama, yaitu seri LJ80, mengaspal di Indonesia pada 1979. Saat itu Jimny LJ80 akrab disebut “Jimny Jangkrik” dirakit langsung di Indonesia dengan kapasitas mesin 800 cc.

Kehadiran mobil off-road 4×4 itu mendulang sukses dan menjadi salah satu mobil ikonik di Indonesia. Jimny Jangkrik juga memiliki model turunan yang diproduksi hingga tahun 1981, yaitu LJ-80V dan LJ-80Q dengan pintu yang terbuat dari bahan metal.

Memasuki generasi kedua pada 1982, Suzuki merilis Jimny SJ410 yang dipasarkan dengan nama Katana. Menggendong mesin 1.000 cc, Jimny yang pada awalnya berpenggerak empat roda (4WD), melakukan penyegaran sebagai mobil berpenggerak 4×2.

Hadirnya Katana 4x2 ternyata kembali mengulang kesuksesan hingga menuju puncak popularitas pada masanya karena memiliki bodi kompak, mudah dimodifikasi, lincah saat bermanuver dan tangguh berpetualang sehingga menarik banyak peminat.

Katana bukan satu-satunya seri Jimny yang dirilis selama generasi kedua. Selain Katana, Jimny generasi kedua juga hadir dengan versi long wheelbase yang mendapat julukan “Jimny Long”. Kemampuannya menjelajah menjadikan mobil ini sebagai kendaraan yang dapat digunakan bahkan oleh masyarakat di daerah terpencil dan sulit dijangkau.

Masih masuk dalam Jimny generasi kedua, pada 2004 Suzuki meluncurkan Jimny SJ413 atau Carribian dengan model yang paling berbeda, Jimny ini memiliki sebuah extra-cab dan menyerupai pick-up ditanamkan mesin 1.300 cc.

Pada GIIAS 2017 menjadi peluncuran generasi ketiga Jimny di Indonesia, Jimny JB33 yang juga dikenal sebagai Jimny Wide ini hadir secara ekslusif dengan desain tak bersudut namun tetap menampilkan kesan Jimny yang ikonik dan jantan.

Selain itu, Jimny generasi ketiga ini dibekali mesin berkapasitas 1.300 cc, lengkap dengan penggerak All-Wheel Drive (AWD). Penjualan Jimny Wide di Indonesia terasa lebih eksklusif dengan jumlah hanya 88 unit dan harga OTR Rp285 juta.

Perjalanan Jimny dari generasi ke generasi telah menorehkan cerita dan kesan bermakna bagi para penggemarnya, dan kini, PT SIS telah berhasil menjadikan Indonesia sebagai target pasar mobil offroad ini.

Tahun ini, generasi keempat Jimny mencapai tingkat tertingginya dengan menyabet 2019 World Urban Car dan World Car Design of the Year di World Car Awards. Wujudnya, bisa Anda pinang di booth Suzuki GIIAS 2019. (mg8/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aplikasi Mitsubishi Motors ID Bagi-Bagi Voucher Ratusan Ribu Rupiah di GIIAS 2019


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler